Close

" The Character Building University "

Wisuda Unimed, Rektor Ingatkan “7 M”

MEDAN – Rektor Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengingatkan lulusan Unimed untuk memiliki 7 mentalitas (7M) dalam merespon revolusi industri 4.0. Hal tersebut disampaikannya dalam acara wisuda yang berlangsung di Gedung Serbaguna Unimed, Selasa (11/6/). Pada wisuda tersebut, Unimed melantik 608 lulusan jenjang S3, S2, S1, dan D3.

Mentalitas yang harus dimiliki lulusan menurut Prof Syawal, yang pertama ialah mentalitas mutu, yakni sikap mental yang lebih mementingkan kualitas daripada kualitas. Yang kedua, mentalitas altrustik, yakni seorang lulusan harus memiliki mental yang mengajarkan dan mengamalkan ilmu yang ia miliki. Yang ketiga adalah lulusan Unimed harus memiliki mentalitas mendidik yang dicerminkan dari cara mendidik yang menjadi teladan bagi semua orang.

Mentalitas keempat yang harus dimiliki lulusan menurut Prof Syawal ialah mentalitas pembelajar sepanjang hayat. “Jangan pernah berhenti belajar. Jadilah pembelajar yang tangguh,” terangnya.

Yang kelima adalah memiliki mentalitas pengabdian dan keenam, memiliki mentalitas kreatif dan inovatif. Sedangkan yang ketujuh, yakni mentalitas etis. “Masalah etika dalam kehidupan bermasyarakat perlu lebih diperhatikan secara serius oleh lulusan, karena jika tidak akan menyebabkan hilangnya hikmah sebagai seorang profesional”, ujar Prof Syawal.

“Menghadapai era revolusi 4.0 kita harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiiki mainset digital. Untuk menghadapi era revolusi industri itu bukan sekedar teknologi atau infrastrukturnya tetapi memindahkan mainset manual ke mainset digital dan itu tidak mudah. Contoh mainset digital itu sensitif terhadap error, mainset digital itu harus tepat waktu dan sangat disiplin,” tambah Prof Syawal.

Dikatakannya mengubah culture, mengubah mainset ke mainset digital itu persoalan tidak mudah.”Untuk menghadapi industri 4.0 ini kita harus memigrasikan culture kita ini yaitu memindahkan mainset manual ke digital. Dimana mainset digital itu adalah orang orang disiplin, tepat waktu dan sangat memanfaatkan data,” terang Mantan Kepala BPSDMPK-PMP Kemendikbud ini.

Dijelaskan Prof Syawal bahwa Unimed telah berupaya keras agar lulusan bisa kompetitif di masyarakat dengan cara mengembangkan kurikulum berorientasi baru. “Kita kembangkan pembelajaran yang respon terhadap literasi data, yang mampu menggunakan big data di dunia digital. Kita juga perkuat literasi teknologi,” ucap Prof Syawal. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW