Close

" The Character Building University "

Mahasiswa UNIMED Manfaatkan Andaliman Menjadi Parfum

MEDAN – Andaliman selama ini hanya digunakan sebagai bahan masak. Pemanfaatan andaliman menjadi parfum merupakan inovasi baru dalam keberdayagunaan andaliman. Pembuatan parfum dari andaliman menggunakan mesin parfum. Mesin parfum tersebut dirancang untuk menghasilkan parfum. Mesin parfum tersebut multifungsi karena pada satu alat terdapat mesin penghalusan, pemanasan, pendinginan, dan akhirnya menjadi parfum.

Untuk meningkatkan keberdayagunaan dan nilai ekonomis andaliman di Desa Parsoburan, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba Samosir. Mahasiswa UNIMED memberi pendampingan proses pembuatan parfum kepada petani andaliman. Pendampingan ini sudah satu kali digelar sejak april 2019. Program ini memiliki dua pertemuan dimulai dari pembuatan parfum skala lab dan pembuatan parfum menggunakan mesin parfum.

Adapun mahasiswa UNIMED melaksanakan Program Kreatifitas Mahasiswa Penerapan Teknologi (PKM-T) tersebut adalah Elysabeth Luisa Pakpahan (Fisika 2016), Fenny Cloudya Damanik (Fisika 2016), Zulfran Silaban (Teknik Mesin 2016), dan Edward Relius Laoli (Kimia 2017) dengan dosen pendamping Dr. Rita Juliani, M.Si.

Sebagai petani andaliman di Desa Parsoburan, Badia Sitorus mengatakan, “Kami sangat senang dengan adanya program dari mahasiswa unimed yang membantu kami dalam meningkatkan keberdayagunaan dan nilai ekonomis andaliman. Dengan adanya pendampingan pembuatan parfum ini petani andaliman dapat memanfaatkan hasil panen andaliman menjadi parfum. Semoga kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan sehingga membantu para petani andaliman untuk mengembangkan usaha miliknya.”

Salah satu mahasiswa Unimed, Fenny Cloudya Damanik mengatakan “dengan adanya kegiatan ini, semoga andaliman ini tidak hanya dipandang untuk bahan masak saja, tetapi bisa dimanfaatkan sebagai parfum dan produk lainnya. Saat ini masih berupa minyak atsiri (bibit parfum), harapannya dapat dikembangkan menjadi pewangi dan aroma terapi.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW