Close

" The Character Building University "

Mahasiswa FIK latih Kebugaran Pemuda di Desa Sampali dengan Fartlek

MEDAN – Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed berikan latihan kebugaran jasmani berupa Fartlek kepada para pemuda yang tergabung dalam Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH).

Adapun Mahasiswa UNIMED yang melaksanakan Program tersebut adalah Leo Indra Prayogi (PJKR 2016), Neysha Sarita Wili (PJKR 2016, dan Muhammad Fadli (PJKR 2016) dengan dosen pendamping Muhammad Chairad, S.Pd, M.Pd.

Leo Indra Prayogi menjelaskan Latihan Fartlek merupakan salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat meningkatkan daya tahan seseorang. Latihan Fartlek adalah latihan yang dilakukan di alam terbuka dengan metode “speed play’’ yaitu bermain-main dengan kecepatan. Jadi pada prisipnya latihan fartlek adalah berlari dengan berbagai variasi. Sebagai contoh dapat dimulai latihan dengan lari lambat-lambat, kemudian dilanjutkan dengan lari cepat pada jarak-jarak pendek secara intensif. Latihan Fartlek ini dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dan 2 kali tes.

Lanjutnya, “Sebelum dilakukannya latihan, Mahasiswa UNIMED mengambil data dengan melakukan Pre Test terlebih dahulu dan setelah dilakukannya latihan, kemudian dilakukan tes kembali (Post Test) untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan ini terhadap kebugaran jasmani para peserta pelatihan. Latihan ini dilakukan dengan memenuhi beberapa item seperti lari lambat, lari cepat, jalan cepat, lari konstan, lari lambat-cepat, naik-turun, dan lari cepat yang dilakukan di Bumi Perkemahan Sibolangit dan Area Unimed.”

Salah seorang peserta, Angga mengatakan “kegiatan olahraga Fartlek sangat baik, selain menjaga kebugaran dan melatih kami dalam berolahraga, latihan dan tes yang dilakukan oleh mahasiswa FIK Unimed sangat membantu kami mengukur kemampuan berlari dan ketahanan tubuh.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW