Close

" The Character Building University "

Mahasiswa Unimed Didik Anak Medan Barat Membuat Digital Folklore

MEDAN – Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program kreativitas mahasiswa (PKM) di Kecamatan Medan Barat pada Minggu (28/4/2019). Kelompok PKM ini terdiri dari empat mahasiswa lintas jurusan yaitu Fenny Windari dari Pendidikan Antropologi, Muhammad Ikhwal dan Sri wahyuni dari Pendidikan Sejarah dan Rizaldy dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dosen pembimbing PKM  Rosramadhana.

Dalam laporannya, Fenny selaku ketua kelompok dalam program ini mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan cerita sejarah lisan berbasis digital folklore yang diambil dari sejarah lokal di Sumatera Utara. Dengan mengangkat judul “Rumah BERAKAL (Belajar Sejarah Lokal) berbasis digital folklore di Kecamatan Medan Barat.” Anak-anak di Kecamatan Medan Barat mampu belajar dan mengatahui sejarah yang ada di Sumatera Utara, lalu bisa mengaplikasikannya dalam bentuk digital seperti vidio dan poster yang nanti akan menjadi sebuah daya jual.

Kegiatan yang dilakukan dalam program ini memiliki beberapa pertemuan, pertemuan pertama fenny dan kawan-kawan menginstruksikan kepada anak-anak agar membentuk dua buah kelompok, mereka di instruksikan untuk mulai membaca, mononton dan menceritakan ulang cerita sejarah yang diberikan baik dalam bentuk tulisan dan digital. Sampai di pertemuan terakhir anak-anak diharapkan mampu untuk membuat poster dan vidio cerita sejarah lisan berbasis digital.

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW