Close

" The Character Building University "

Menjawab Tantangan Era Disrupsi UNIMED akan Buka Prodi yang Relevan

MEDAN – Menjawab tantangan di era revolusi industri yang membutuhkan keahlian berbasis digital Universitas Negeri Medan akan membuka berbagai program studi. Untuk mendukung program studi baru yang akan dibuka, UNIMED mengadakan Lokakarya Tatakelola Pembukaan Prodi Baru dan Revitalisasi LPTK di Era Disrupsi bertempat di Ruang Sidang A Gedung Biro Rektor, Senin (22/04/2019). Acara Lokakarya mendatangkan Narasumber Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Phil. (Sesjen Kelembagaan IPTEK DIKTI).

Rektor UNIMED Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini diadakan mengingat semua fakultas yang ada di Unimed akan mengajukan prodi baru. “Mengapa Unimed mengajukan prodi baru? Hal itu kami lakukan untuk menjawab kebutuhan dari perkembangan yang terjadi di negeri ini khususnya di Sumatera Utara,” jelas Prof. Syawal yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Riset Kota Medan ini. Prof. Syawal berharap dengan kegiatan inidapat memberikan makna yang baik dalam perkembangan prodi-prodi baru yang akan diajukan di unimed.

Dr. Agus Indarjo dalam paparannya mengatakan tujuan utama dari RISTEKDIKTI membangun daya saing bangsa, meningkatkan kesejahteraan dan keadialan serta mencetak SDM yang unggul dalam menghadapai R.I 4.0. “Arah pembangunan kedepan negara Indonesia adalah membangun SDM, Jika kita berbicara mengenai SDM maka hal itu berkaitan dengan perguruan tinggi karena Perguruan Tinggi mempunyai peranan penting dalam mengembangkan SDM. Perguruan Tinggi harus bersiap-siap untuk menciptakan lulusan yang dapat mengisi industri salah satunya dengan mempersiapkan prodi baru berbasis digital yang dapat mendukung Revolusi Industri 4.0,” ujar Sesjen Kelembagaan IPTEK DIKTI ini.

Dr. Agus Indarjo mengatakan dalam mengusulkan prodi baru ada tiga hal yang dilihat yang pertama dan yang merupakan indikator utama adalah kesesuaian dosen, kedua sara dan prasarana yang mendukung dan terakhir adalah kurikulum. Proses pengajuan prodi baru membutuhkan waktu 15 hari kerja sampai penertiban SK bahwa prodi tersebut telah disetujui.

Universitas Negeri Medan berencana akan membuka beberapa prodi baru diantaranya teknik lingkungan, teknik arsitektur, pariwisata, teknik sekolah kejuruan, ekonomi digital, kewirausahaan dan desain komunikasi visual.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW