Close

" The Character Building University "

Jurusan Sendratasik FBS UNIMED Gelar Pertunjukan di USM Malaysia

MALAYSIA – Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan (FBS UNIMED) menggelar pertunjukan tari, musik dan teater di Universiti Sains Malaysia (USM), Penang (30/03/2019). Pertunjukan ini merupakan bagian dari kunjungan balasan dari pusat pengajian seni dan dewan budaya Universiti Sains Malaysia pada Juli Tahun lalu. Dalam kegiatan ini rombongan dari universitas negeri medan fakultas bahasa dan seni jurusan sendratasik juga memberikan worksop tentang tari, musik dan teater yang diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi Pusat Pengajian Seni Universiti Sains Malaysia.

Rangkaian pertunjukan diawali dengan 3 tarian garapan baru jurusan sendratasik yang berakar dari tradisi batak toba, etnic karo, dan etnic dairi yang dibimbing oleh Martozet S. Sn., M. A., Pemusik di bimbing oleh Brevin Tarigan S.Pd., M. Sn. Dan pertunjukan Teater dibimbing oleh Russel Akbar Fauzi S.Sn., M.Sn. yang disutradarai oleh mahasiswa prodi seni pertunjukan Wira Bahri Winalda.

Wakil Dekan III FBS Dr. Marice, M.Hum. mengatakan pertunjukan dan workshop yang dilakukan merupakan bagian dari kunjungan balasan FBS UNIMED kepada USM. Tujuan Kunjungan balasan ini selain untuk memperkenalkan budaya Indonesia terkhusunya budaya sumatera utara juga diharap dengan kunjungan ini para mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengalaman. “disini selain kita mempersembahkan pertunjukan kita juga akan melakukan workshop, dan saya juga berharap semoga nantinya para mahasiswa sendratasik FBS dan USM dapat saling bertukar ilmu,” ungkapnya.

Dalam pertunjukan teater, Jurusan Sendratasik FBS UNIMED mempersembahkan opera batak yang berjudul “Janji Putri Ikan” yang merupakan adaptasi dari naskah perempuan di pinggir danau yang di tulis ulang oleh Russel Akbar Fauzi S. Sn M. S. Opera batak janji puteri ikan menceritakan tentang pentingnya sebuah janji yang telah terucap, dan sebuah janji yang telah diucap tidak dapat ditarik kembali.

Dekan Pusat Pengajian Seni Universiti Sains Malaysia Dr. Mumtaz Begum P.V Aboo Backer. Mengapresiasi pertunjukan dan workshop yang dilakukan oleh jurusan Sendratasik FBS UNIMED. Dr. Mumtaz berharap dengan adanya kegiatan yang dilakukan ini para mahasiswa Pusat Pengajian Seni USM dapat menambah ilmu mengenai tari, musik dan teater. “Kita berharap perkongsian ini terus berlanjut. Kita berkongsi pengalaman, ide. Karena kalau ilmu itu kita simpan sendiri maka tidak akan bertambah ilmunya tapi dengan adanya workshop ini maka ilmu kita bertambah. Saya harap pertemuan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” Dr. Mumtaz.

Pertunjukan opera batak di hadiri Dekan Pusat Pengajian Seni USM DR. Mumtaz Belum P.V Aboo Backer, dosen Pusat Pengajian Seni USM, ketua jurusan sendrtasik Uyuni Widiastuti S.Pd M.Pd serta ketua prodi Seni pertunjukan Dr. Nurwani S.ST.,M.Hum.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW