Close

" The Character Building University "

HMJ Kimia FMIPA Unimed Gelar LKTI Tingkat Nasional

MEDAN – Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNIMED kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bidang Kimia tingkat nasional. Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan sebagai wadah mahasiswa Jurusan Kimia dalam mengasah minat, bakat dan kemampuan untuk bersaing secara nasional dalam menulis karya ilmiah bidang kimia. Kegiatan yang bertajuk Chemistry Competition 2019  ini di gelar di pelataran Gedung Syawal Gultom FMIPA Unimed, pada 30 Maret – 2 April 2019, dengan mengangkat tema “Meningkatkan integritas dan kreativitas melalui inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi menuju Indonesia berdaya saing”. Kegiatan ini diisi dengan berbagai lomba, diantaranya LKTI tingkat nasional, tarik tambang dan snow relay, photo contest dan music performance. Untuk LKTI diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas diantaranya; UNDIP, UNAND, UNSOED, UNS, UPI, USU, UMN dan UNIMED.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., turut hadir saat pembukaan ; Wakil Dekan FMIPA, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, para dosen Jurusan Kimia, pengurus HMJ Kimia, ratusan mahasiswa Jurusan Kimia dan undangan yang hadir dari PTN dan PTS yang mengikuti LKTI.  

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, memberikan arahan saat pembukaan, “kegiatan baik ini harus kita budayakan dikalangan mahasiswa Unimed, karena ini sungguh wujud kuliah nyata bagi mahasiswa. Tidak mudah merancang kegiatan dengan mengundang dari PTN dan PTS lain, bahkan hadir beberapa PTN dari luar Sumatera Utara dan Jawa. Kegiatan ini harus menjadi wadah dalam mengembangkan mindset mahasiswa, kuliah itu tidak hanya di kelas dalam bentuk paparan materi dan diskusi-diskusi formal. Akan tetapi bisa dalam wujud merancang kegiatan, berkompetisi dan membentuk ruang-ruang belajar secara terbuka dengan mahasiswa dari luar Unimed itu akan dapat membuka wawasan mahasiswa untuk terus maju dan berprestasi”.

Lanjut Prof. Syawal, melalui media kegiatan dengan melibatkan mahasiswa secara nasional seperti ini, kita berharap para mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran yang besar sehingga dapat memberikan solusi bagi permasalahan bangsa. Saya senang dan bangga jika semua mahasiswa Unimed terus berupaya mengembangkan potensi diri dalam wujud berbagai kegiatan yang membangun kreativitas mahasiswa, karena dengan demikian akan tergali potensi-potensi mahasiswa untuk maju dan berprestasi”.    

Sementara itu, Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, kita pimpinan fakultas sangat mendukung dan terus memberikan keleluasaan agar mahasiswa FMIPA terus dapat berkarya dalam berbagai kegiatan, baik yang dilakukan dilingkup Unimed atau berbagai kampus yang sesuai jurusan para mahasiswa. Kegiatan akademik berskala nasional seperti ini menjadi tanda bagi kita bahwa mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unimed telah maju dan memiliki semangat belajar yang tinggi. Kami juga berharap mahasiswa Jurusan Kimia dan seluruh jurusan di FMIPA terus berupaya melakukan berbagai kegiatan positif sebagai wadah pengembangan wawasan berpikir mahasiswa. Serta berperan aktif dalam berbagai kegiatan mahasiswa dalam skala nasional dan internasional, karena mahasiswa FMIPA telah membuktikan berhasil meraih prestasi ditingkat internasional. Semoga FMIPA terus maju dan berkembang melalui karya dan prestasi mahasiswa.  

Ketua Panitia, Nurhadi Syahputra Pohan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong inovasi, khususnya bidang ilmu kimia. Disamping itu, kita juga berharap agar kegiatan ini dapat membangun solidaritas antar civitas Kimia FMIPA Unimed. “Kita ingin membangun kerjasama yang harmonis antara mahasiswa, dosen, dan alumni, sehingga tercipta kesatuan jiwa dalam mengembangkan jurusan Kimia terus maju dan karya dan prestasi”, ujarnya.

Adapun juri pada LKTI adalah Prof. Dr. Ramlan Silaban, M.Si, Dr. Iis Siti Zuhro, M.Si, dan Moondra Jubir, Ph.D. Para peserta LKTI yang meraih juara adalah : Juara 1 UNS, Juara II UNDIP dan Juara III UNAND, sedangkan untuk poster Juara I dari UNSOED. (Humas Unimed/nh ds)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW