Close

" The Character Building University "

NEC VIII 2019 Tingkatkan Skill Bahasa untuk Hadapi Revolusi Industry 4.0

MEDAN  – National English Competition VIII yang di gelar oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Unimed pada Tanggal 4-6 Maret 2019, yang diadakan di Gedung Serbaguna Unimed. Tema dari acara ini “Enhancing Intellectuality and Creativity to Counter The Challenges of Industry Revolution 4.0”. Kegiatan ini diisi dengan 9 perlombasan yaitu, Essay Competition, Speech Contest, Debate Competition, English Olympiad, Poetry Reading Competition, G-CRESBO (Green Creative Student’s Board), Scrabble Competition, Story Telling, dan Singing Competition.

Adapun jumlah peserta dalam acara tersebut yaitu sebanyak 1.100 peserta yang terdiri dari SMP/sederajat, SMA/sederajat, dan Mahasiswa di seluruh Indonesia, dari Universitas Cendrawasih, Universitas Gadjah Mada, IPB, STIS, Universitas Panca Budi, Universitas Sumatera Utara dll, sampai MAN 1 Langkat, MAN 2 Langkat, SMAN 2 Tebing Tinggi, SMAN 1 Medan, dll. Acara ini juga memperebutkan hadiah Uang Tunai + Sertifikat + Trophy.

Pembukaan acara yang dihadiri oleh ribuan peserta ini berlangsung meriah. Turut hadir Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc.Ph.D., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., WD III FBS Dr. Marice, M.Hum, beserta Ketua dan Sekretaris Jurusan BSI Unimed, Kaprodi, seluruh dosen Bahasa Inggris Unimed dan Guru Peserta.

Dekan FBS Unimed Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., menyampaikan, “Kegiatan ini diprakarsai juga untuk membantu perolehan portopolio para siswa yang berasal dari sekolah dan persiapan perguruan tinggi dalam pelengkapi SPKI (Surat Pendamping Keterangan Ijazah) yang di dunia kerja yang membutuhkan himpunan para talenta yang dimenangkan dalam tingkat regional, nasional, dan internasional.”

Lanjut Dekan FBS, “Salah satu kegiatan yang diprakarsai adalah salah satu pemantik karena slaah satu badan survey yang berpusat di Amerika. National Association College Surveior adalah satu lembaga yang melakukan survey terhadap semua kopetensi yang dibutuhkan dunia kerja sedunia. Ada 21 kopetensi yang ter-maping, salah satunya adalah bidang Bahasa yang menduduki ranking ke 3, 7 dan 21. Dalam 21 skil yang dibutuhkan dunia kerja ada yang disebutkan communication skill dalam bidang written, verbal dan foreign language. Oleh karena itu kegiatan ini membentuk untuk melihat sejauh mana dan bagaimana challenge dalam menghadapi revolusi industry 4.0.”.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan pada pembukaan kegiaatan, “Kegiatan ini sangat saya apresiasi karena bisa men challenge revolusi indutri 4.0, karena suka atau tidak suka kita tidak bisa menghindar dari revolusi industry 4.0. yang bertanda dengan perubahan dan pergeseran dengan contoh 6 dari 10 pekerjaan dimasa depan yang baru yang sekarang belum kita ketahui apa pekerjaan itu. Big data juga salah satu dari tanda revolusi industri 4.0 karena semua orang mengandalkan data yang dimana menganalisis dan memahami dengan data yang komplek dengan tanda internet of think, robotic, dan connectivity. Dimana tanda-tanda itu yang harus kita baca baik-baik.

National Competition VIII ini sebagai wadah bagi mahasiswa dan pelajar untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka. Wadah-wadah yang seharusnya terus berkembang agar semakin memberikan ruang mahasiswa dan siswa, atau dosen dengan guru di sekolah dalam mensinergikan pembelajaran bahasa inggris untuk kemajuan bersama. (Humas Unimed/bg).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW