Close

" The Character Building University "

Unimed Latih Dosen Doktor Kembangkan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning

MEDAN – Perkembangan teknologi yang semakin meningkat sekarang sudah tidak dapat dipungkiri lagi karena dunia sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. dimana semua sudah serba automisasi. Hal ini juga mempengaruhi terhadap dunia pendidikan dimana sekarang pembelajaran sudah berbasis digital. Oleh karena itu, Unimed mengadakan Workshop Pengembangan Bahan ajar berbasis Digital, Blended Learning Dalam Revolusi Indsutri 4.0.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Syawal Gulltom, M.Pd., dan di hadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Seluruh Dekan di Lingkungan Unimed beserta seluruh dosen Doktor sebanyak 229 orang dari 7 fakultas di lingkungan Unimed.

Narasumber Workshop diisi oleh Kaprodi Ilmu Komputer FMIPA Unimed Dr. Hermawan Syahputra, M. Si yang dilaksanakan di Digital Library Unimed lt. 4 (11/12), kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan tugas mandiri bagi peserta sehingga menghasilkan bahan ajar yang nantinya akan dapat digunakan pada semester depan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, yang dalam sambutannya menyatakan “kontribusi era digital teknologi 4.0 saat ini memiliki implikasi yang signifikan bagi dunia pendidikan. Konsekuensinya dunia pendidikan harus mampu beradaptasi dan melindungi perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan.”

Rektor menegaskan untuk penajaman Visi Misi Unimed serta pemutakhiran model pembelajaran Unimed. Kemudian meningkatkan strategi kualitas dan kuantitas publikasi dan karya ilmiah lainnya. Serta memberi kontribusi nyata terhadap Unimed yaitu Currently Issue tentang pengembangan ilmu, teknologi dan seni. Membangun lokal Sumatera Utara, nasional, regional dan global. Beserta mengetahui dan menyampaikan Isu sustainability develpoment, global awarness, SDG’s dan isu global lainnya.

Hermawan memaparkan sekaligus mensosialisasikan blended learning yang dibuat yaitu web yang nantinya dapat membantu para dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Dalam web tersebut para dosen dapat mengupload materinya yang berupa dokumen, foto, audio dan video, serta juga dapat memberikan tugas secara online dan mengkoreksinya langsung secara online sehingga dapat menampilkan live score kepada mahasiswa dan dapat mengumpulkan tugas secara online tidak repot harus mengumpulkan softcopy hanya tiggal sertakan link google drive, dropbox, atau youtube. Serta mahasiswa dapat langsung mendownload materi yang akan dibawakan dosen.(Humas Unimed/bg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW