Close

" The Character Building University "

Melatih Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Menjadi Calon Pemimpin Bangsa

MEDAN – Mahasiswa merupakan  calon intelektual atau cendikiawan muda serta generasi muda yang akan membawa perubahan kepada bangsa ini. Seorang mahasiswa harus menjadi agent of change yang membawa perubahan-perubahan yang berdampak positif dan membangun dalam kehidupan masyarakat serta mampu menanamkan nilai-nilai positif terhadap masyarakat. Untuk dapat menjadi seorang agen perubahan tentu seorang mahasiswa tersebut harus bisa memanajemen diri sendirinya.

Unimed untuk mewujudkan hal tersebut memberikan pelatihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang A Biro Rektor Unimed,, Kamis, 06 Desember 2018. Pada LKMM ini Unimed mengundang Prof. Dr. Syahyar, M.S., M.Si., Guru Besar Unimed serta Dr. Arif Rahman, M.Pd.

Dalam laporannya Ketua Pelaksana Dr. Hariadi, S.Pd., M.Kes. mengatakan ada lima tujuan kegiatan ini diadakan agar mahasiswa (1) memiliki ketrampilan manajemen yang sepadan dengan tingkat tanggung jawab pada dirinya, (2) memiliki rasa tanggung jawab, mandiri, dan sifat kewirausahaan lewat berorganisasi, (3) mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pencapaian prestasi yang optimal (4) mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah dalam praktek berorganisasi, (5) mampu menerapkan kesadaran bernegara dan cinta tanah air dalam berorganisasi.

Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd dalam sambutannya mewakil Wakil Rektor III mengatakan “Kalian Mahasiswa merupakan calon-calon pemimpin di Indonesia, untuk itu kalian harus tau bagaimana memanage ketrampilan, waktu, serta diri sendiri agar kelak dapat menjadi pemimpin di Indonesia kedepannya,”

“Wakil Rektor 3 berpesan kepada saya agar setelah selesai mengikuti kegiatan ini raut wajah kalian menunjukkan wajah-wajah manager yang siap memanage yang efektif,” ujar Yasaratodo ketika membuka acara LKMM.

Narasumber Prof. Syahyar dalam paparannya mengenai manajemen waktu dan manajemen perubahan mengatakan ada tiga hal yang diperlukan dalam perubahan pembelajaran yaitu pemikiran yang kognitif, skill serta sikap. Unimed yang mempunyai branded sebagai The Character Building University telah melakukan hal tersebut karena ketiga hal tersebut sesuai dengan visi Unimed.  Selanjutnya Prof. Syahyar juga menjelaskan bahwa konsep individu yang berkarakter haruslah tangguh, cerdas, jujur dan peduli.

“Di era revolusi industry 4.0. kompetensi yang paling penting dan diperlukan  itu ada 4. (1) Sikap dimana harus bertanggung jawab, (2) Berpikir Kognitif, kita harus berpikir tingkat tinggi serta kreatif dan kritis, (3) Kalian harus memiliki skill dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dalam suatu tim atau organisasi dan yang terakhir kita harus dapat memanfaatkan teknologi yaitu ICT dan AI atau bisa disebut kecerdasan buatan,” ujar Prof. Syahyar guru besar Unimed dalam bidang sains manajemen. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW