Close

" The Character Building University "

Dosen FT Beri Pendampingan dan Bantuan Mesin Pencetak Pelet Pada Peternak Ikan Taput

TAPUT – Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan melakukan kegiatan pendampingan pembuatan pelet mandiri di Kabupaten Deli Serdang dan pendampingan pemasaran bagi kelompok peternak Ikan Patin di Desa Setia Kecamatan Pahae Jae, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Pembuatan pelet tersebut dihasilkan melalui Pengolahan Sampah Perkotaan Di Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan di Botot Amin di Desa Seirotan yang dihadiri perangkat Desa Seirotan, kelompok usaha boto dan pengumpul sampah kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Tak hanya melakukan pendampingan, kegiatan ini disertai dengan pemberian mesin pencetak pelet secara simbolis kepada perwakilan Mitra kelompok peternak ikan patin yaitu Kholidun Gultom kepada perwakilan Mitra kelompok peternak ikan patin di Desa Setia Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 3 – 4 Oktober 2018 ini mendaur ulang sampah menjadi pelet ikan dan cara menggunakan alat pencetak pelet ikan.

Adapun Ketua Tim Pengabdian diantaranya; Drs. Pudin Saragih, M.Pd. dengan anggota Dina Sarah, SE., M.Si sebagai anggota ke 1 (satu) dan Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd sebagai anggota ke 2 (dua).

Menurut kedua mitra Unimed, dengan adanya pelaksanaan program ini Mitra bisa memproduksi pelet secara mandiri, membuat pembukuan dengan benar, memasarkan Patin hasil produksi secara langsung ke pengusaha rumah makan dan restoran sehingga dapat memotong rantai distribusi. Dengan demikian harga bisa meningkat dan terhindar dari permainan harga para Agen. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW