Close

" The Character Building University "

FE Unimed Tingkatkan Kemampuan Dosen dalam Menulis Karya Ilmiah Bereputasi

MEDAN – Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar pelatihan tentang Penguatan kemampuan dosen dalam menulis karya ilmiah bereputasi. Bidang ekonomi, bisnis dan pendidikan. Kegiatan ini berlangsung di Fakultas Ekonomi Unimed (22/11).

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor II Dr. Restu, MS , Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D, Wakil Dekan I Dr. Eko Wahyu Nugrahadi, M.Si, Wakil Dekan II Drs. La Ane, M.Si, selaku narasumber Universitas Padjajaran Dr. Wawan Hermawan,M.Si, dan Ari Tjahyawandita, SE, M.Si, serta Bapak/Ibu Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D selaku Dekan FE mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu dosen yang telah berkenan hadir dalam kegiatan ini, semoga acara ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam melakukan riset penelitan dan juga membimbing mahasiswa kita baik S1/S2.

Dr. Restu, MS dalam sambutannya berharap mudah-mudahan kehadiran bapak sekalian bisa memberikan manfaat yang besar buat kami. Kegiatan ini tentu didasari oleh evaluasi diri, bahwa di fakultas ekonomi ini masih memerlukan peningkatan dalam menulis karya ilmiah. Disamping karya ilmiah dosen yang meningkat akan bisa membantu peningkatan prestasi mahasiswa juga. Mungkin yang perlu disini bagaimana cara untuk memperluas jaringan, saya kira di era yang akan datang ini nanti bukan hanya berkompetensi lagi tetapi melainkan berkolaborasi.

Dr. Wawan Hermawan,M.Si, memaparkan tentang Pengenalan Analisis Regresi I (data cross section time series & panel), Pengenalan Analisis Regresi II (data cross section time series & panel + memasang EViews) , Perbedaan Analisis Data Panel yang Sebenarnya vs Pooled Data Sederhana, dan Fixed Effect vs Random Effect dalam Estimasi Model Data Panel. Dimana Analisis Regresi atau biasa disingkat sebagai anareg adalah metode yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung. Anareg juga bisa digunakan untuk memprediksi variabel tergantung dengan menggunakan variabel bebas.

Selanjutnya Ari Tjahyawandita, SE, M.Si memaparkan tentang Regresi Model dengan Data Cross Section dengan Eviews, Regresi Model dengan Data Time Series, Estimasi Model Fixed & Random Effect, dan Perbaikan Hasil Estimasi. Secara sederhana konsep data cross section adalah data yang memiliki objek yang banyak pada tahun yang sama atau data yang dikumpulkan dalam satu waktu terhadap banyak objek. Sedangkan konsep dari data time series adalah data yang memliki runtun waktu yang lebih dari satu tahun pada satu objek atau data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu terhadap satu individu/objek. (Humas Unimed/nh)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW