Close

" The Character Building University "

FT Unimed Kerjasama dengan Sekolah Mitra Tingkatkan Kualitas Guru

MEDAN – Fakultas Teknik mengadakan kegiatan kerjasama dengan sekolah mitra yang berlangsung di Aula serbaguna Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (14/11). Turut Hadir dalam kegiatan ini Dekan FT, Wakil Dekan I, II, III, Kaprodi dan Dosen-dosen dilingkungan Fakultas Teknik, Kabid SMK, Amiruddin,.SP.MM , dan seluruh Kepala Sekolah SMK, SMP khusunya Kota Medan, Deli Serdang dan Binjai.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk membangun jati diri calon pendidik yaitu khususnya mahasiswa program studi pendidikan Teknik Unimed,dalam memanfaatkan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi akademik bidang studi, memberikan pengalaman bagi calon pendidik melalui melaksanakan pembelajaran dikelas dan kegiatan ekstrakurikuler yang tidak akan pernah didapatkan mahasiswa diperguruan tinggi. Semuanya itu adalah dalam rangka mengupayakan 4 (empat) kompetensi guru bisa melekat pada mahasiswa setelah menjadi alumni, yaitu kompetensi paedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.

“Kepada bapak Kabid harapan saya dapat memberikan arahan dan bimbingan untuk kita semua, sehingga bisa membuka wawasan berfikir, bisa menambah pembelajaran, bisa menambah pengalaman yang ujung-ujungya kami harapkan bisa menaukseskan mahasiswa kita, alumni kita dalam mendirikan jati dirinya menjadi calon pendidik bangsa”. Ujar Dr.Hj. Rosnelli, M.Pd

Kepala Sekolah SMK 1 Beringin, Ilyas.S.Pd (perwakilan Kepala Sekolah SMK, SMP Kota Medan, Deli Serdang dan Binjai). menyampaikan banyak terimakasih kepada fakultas teknik yang telah memberi kepercayaan kepada kami untuk membangun kerjasama melalui program PPL, PPG, Observasi dan Penelitian sehingga diharapkan nanti calon-calon tenaga pendidik kedepannya akan menjadi guru-guru yang profesional yang mengerti tugas fungsi dan tanggung jawabnya.

“Menyangkut dengan sekolah, kita ini adalah laboratorium dari lembaga penghasil tenaga kependidikan, ditempatkan kita inilah laboratoriumnya. untuk bisa melakukan pekerjaan dengan baik, untuk bisa mahasiswa melakukan apa yang akan mereka dapatkan dan keluarkan kepada sekolah, yang utama kita harus berbenah tentang laboratorium tersebut, kalau laboratorium yang didatangai oleh mahasiswa tidak baik sehingga karakter yang sudah dibangun tidak akan baik juga. Mari kita bangun pendidikan ini seperti misi dari dinas pendidikan terwujudnya sumber daya manusia Sumatera Utara yang bermartabat, cerdas dan berdaya saing,” ungkap Kabid Pembinaan Pendidikan Kejuruan Amiruddin,.SP, M.M.

Dekan FT Prof. Dr.Harun Sitompul. M.Pd menyampaikan ada dua (2) istilah sekarang, angkatan 2016-2017 masih menggunakan magang, angkatan 2018 menggunakan PLP 1, PLP 2 (Pengenalan Lapangan Persekolahan). Untuk S1 tidak lagi istilahnya PPL dan tidak bisa mengajar disekolah tetapi dibina, maksudnya hanya pembinaan dikelas saja, guru tetap mengajar dikelas dan didampingi oleh mahasiswa, program berikutnya adalah PPG. Harapannya disini antara lembaga yang memproduksi guru betul-betul saling bekerjasama untuk membangun pendidikan lebih baik lagi dan menghasilkan guru-guru yang profesional. (Humas Unimed/nl)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW