Close

" The Character Building University "

PPs Unimed Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor Jalur Riset

MEDAN (Unimed) – Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan membuka penerimaan mahasiswa baru S3 (Doktor) tahun ajaran 2018/2019 Jalur Riset. Pola baru ini merupakan yang pertama di Unimed diterapkan, berbeda dengan PTN lain yang telah menerapkan terlebih dahulu. Selama ini, PPs Unimed masih menerapkan pola perkuliahan sit in seperti biasa dengan kuliah tatap muka di kelas yang terjadwal. Sedangkan pola baru ini merupakan program pembelajaran dengan tugas dan disertasi (Doctor by research) yang prosesnya diselenggarakan secara terstruktur. Pendaftaran Program Doctor by Research telah dibuka sejak 8 Oktober hingga 24 Nopember 2018, melalui https://pps.unimed.ac.id. Adapun program studi Doktor yang dibuka antara lain : 1). S3 Manajemen Pendidikan, 2). S3 Teknologi Pendidikan, 3). S3 Pendidikan Kimia, 4). S3 Pendidikan Dasar dan 5). S3 Linguistik Terapan Bahasa Inggris.

Persyaratan calon mahasiswa antara lain : a) memiliki ijazah S2 yang sesuai dengan bidangnya atau serumpun, b) lulusan dari perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) yang berakreditasi Baik, c) memiliki IPK S2 minimal 3,00 (skala 4), d) membuat dan mempresentasekan rencana proposal disertasi dalam Bahasa Indonesia (minimal 8 halaman, kertas kwarto, times is roman 12 pt, 1,5 spasi) yang memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, kerangka berfikir, dan metodologi penelitian, serta dibuatkan file presentase dalam format powerpoint, e) mendapat surat rekomendasi dari promotor dan co_promotor setelah pelaksanaan tes tertulis dan pembimbingan outline disertasi.

Adapun tata cara pendaftarannya sebagai berikut : 1). Menyiapkan seluruh berkas yang diperlukan (scan ijazah dan transkip nilai S2 berformat .pdf, file pasfoto berpakaian rapi berformat .jpg), 2). Membayar biaya pendaftaran Rp. 1.000.000,- melalui Bank BNI 46 diseluruh kantor cabang. (Jika ada kendala silahkan hubungi ke nomor 082165226975). 3). Calon mahasiswa akan mendapat kode KAP (kode akses pendaftaran) dan PAP (Pin Akses Pendaftaran) yang terletak pada kwitansi pembayaran, 4). Calon mahasiswa login https://pps.unimed.ac.id, pilih menu “pendaftaran”, 5). Melengkapi form isian pendaftaran online, 6). Mengunggah file/berkas pendaftaran, 7). Mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi PMB yang berisi informasi biodata pelamar, jadwal ujian dsb, 8). Mengikuti ujian seleksi pada 10 Desember 2018, sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu Tanda Peserta Seleksi PMB.

Materi ujiannya meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris, Interview (Tes kecakapan berbahasa Inggris khusus Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris) dan wawancara motivasi dan presentasi rencana awal proposal disertasi (format .ppt). Untuk informasi lebih lengkap dapat mengakses laman https://pps.unimed.ac.id atau hubungi 081376378805 atau 085372755163.

Direktur PPs Unimed Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, dikantornya mengatakan, agar informasi baik ini bisa segera sampai kepada seluruh masyarakat Indonesia, terkhusus warga Sumatera Utara yang memiliki minat untuk melanjutkan studi Doktor (S3) jalur riset di Unimed. Pola baru perkuliahan S3 jalur riset ini cocok bagi para praktisi pendidikan, pejabat pemerintahan, profesional muda dan seluruh masyarakat yang memiliki kesibukan dalam kerja, karena proses perkuliahannya menggunakan sistem penugasan dan disertasi yang terstruktur. Kami mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk studi S3 jalur riset di Unimed. Ada 5 Program Doktor yang kita buka melalui jalur ini. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik munkin kesempatan ini untuk melanjutkan studi formal pendidikan akhir yakni program Doktor. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW