Close

" The Character Building University "

Seminar Nasional Peran Guru BK di Era Generasi Milenial dan Pelantikan PD ABKIN Sumut

MEDAN (Unimed) – PD ABKIN SUMUT mengadakan seminar nasional “Peran Bimbingan & Konseling Dalam Membangun Karakter Generasi Millenial” serta pelantikan PB ABKIN SUMUT Periode 2018-2019. Bekerjasama dengan Prodi Bimbingan dan Konseling Unimed, Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling Unimed, asosiasi bimbingan dan konseling di Indonesia Sumatera Utara. Yang dilaksanakan di Digital Library Lantai IV Unimed (24/09).

Pada seminar tersebut menghadirkan 2 narasumber diantaranya Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd selaku Rektor Unimed dan Dr. Fahrozin, M. Pd selaku ketua PB ABKIN. Seminar ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M. Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M. S,. Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M. Pd., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M. Sc.,Ph. D. Beserta ketua UPBK Unimed, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Sumut, Kepala Dinas Kab/Kota, Kabid & Kasi PTK, Ketua Jurusan Bimbingan Konseling UNIMED, UINSU, UMSU, UMN, STKIP BUDIDAYA Binjai dan STAI Al-Hikmah Medan, Ketua IKI Sumut, Bapak / Ibu Kepala Pengawas Sekolah, serta Dosen/Guru dan Mahasiswa dari berbagai Universitas.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd menyampaikan pada sambutan pembukaan cara seminar tersebut Dalam pemahaman saya kalau ABKIN ini ada , harus bisa melindungi para guru BK. Orang mendirikan asosiasi profesi ini untuk 2 hal saja, pertama mengembangkan seluruh pendekatan innovasi tentang BK, yang kedua melindungi segenap guru BK untuk melaksanakan tugasnya karna bisa terjadi malapraktek, kesalahan.

Tantangan guru BK itu adalah untuk menelusuri pontensi siswa dan melatihnya, karna sekolah itu hanya melatih untuk berfungsi latihan tanggung jawab, latihan sehat, latihan kreatifitas dan latihan akhlak. Karena tantangan guru BK itu luar biasa dan berhubungan dengan karakter.

Ketua pelaksana kegiatan ini menyampaikan bahwa guru BK yang hadir pada acara ini berasal dari Medan, Deli Serdang, Binjai, Kab. karo, Serdang Bedagai, Pematang Siantar dan Nias. ABKIN merupakan induk organisasi profesi bimbingan dan konseling di Indonesia. Keberadaa ABKIN mempunyai tujuan dalam menggembangkan konpetensi dan profesionalisme. Dengan adanya Pelantikan pengurus ABKIN diharap Profesi guru bimbingan dan konseling di tingkat SD, SMP, SMA sederajat dan perguruan tinggi nantinya akan semakin bermartabat. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW