Close

" The Character Building University "

UNIMED dan USU Jadi Tuan Rumah Penyelenggara ICTAP dan SFN 2018

MEDAN (Grand Inna Hotel) – PSI (Physical Society of Indonesia) konsisten setiap tahun menyelenggarakan Konfrensi Internasional dan Symposium Fisika Nasional dengan melibatkan jurusan/prodi Fisika dan Pendidikan Fisika dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Tahun 2018 ini Sumatera Utara menjadi tempat berlangsungnya kegiatan tersebut., Unimed dan USU yang tergabung dalam PSI ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara The 8th International Conference on The Theoretical and Applied Physics (ICTAP) and Simposium Fisika Nasional (SFN) ke XXXI di Grand Inna Hotel, Medan.

Kegiatan tersebut yang berlangsung selama dua hari, 20-21 September 2018, adapun kegiatan tersebut meliputi pertemuan dan rapat Kajur/Kaprodi Fisika dan Pendidikan Fisika se-Indonesia, pelantikan pengurus PSI Cabang Sumatera Utara periode 2017-2021, Seminar Internasional ICTAP ke 8 dan Simposium Fisika Nasional (SFN) ke 31.

Pada acara tersebut turut hadir Wakil Gubernur Sumut Drs. Musa Rajeckshah, M. Hum., Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K, M. Pd., Dekan FMIPA Unimed Dr. Martina Restuati, M. Pd., Ketua PSI se-Indonesia Prof. Mitra Jamal, Ketua PSI Cabang Sumut Prof. Mothlan, M.Sc.,Ph.D., Kajur/Kaprodi Fisika dan Pendidikan Fisika Se-Indonesia, tamu undangan, ratusan peserta konferensi dan pemakalah.

Selaku Ketua PSI, Prof. Mothlan, M.Sc.,Ph.D., mengatakan “Konferensi ini menghadirkan saintis fisika dari seluruh indonesia bahkan dari beberapa negara di Asia. Oleh karena itu, ini waktu untuk kita saling bertukar fikiran tentang ilmu fisika, penelitian, atau yang bersangkutan dengan ilmu fisika. Dan ini akan membantu kekayaan khususnya sumatera utara, Indonesia bahkan Dunia. Kita berharap pertemuan ini setiap orang dapat mendapatkan manfaat, karena 175 artikel dari berbagai berbeda bidang dan berbeda topik. Sehingga kita bisa melakukan persiapan dan memperbaiki seminar kedepannya.”
Hal senada disampaikan oleh Prof. Mitra Jamal, “Seperti kita ketahui fisika ini sangat luas spektrumnya dari yang rendah sampai yang tinggi, kita ingin bagaimana caranya untuk meningkatkan dan yang sudah baik bagaimana cara membantu atau sharing untuk saling membantu menjadi yang lebih baik. Dengan adanya asosiasi fisika khususnya prodi, kita berharap proses ini bisa lebih terorganisasi. Dan acara ini bertujuan juga untuk menentukan dan menyamakan kurikulum dari program S1, S2 sampai S3, baik pendidikan dan nonpendidikan yang sesuai dengan KKNI.”

Selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Abdul Hamid K, M. Pd., mengapresasi dan mendukung adanya kegiatan ini. “Seminar ini menghadirkan narasumber dari berbagai negara, oleh karena itu banyak hal yang menharuskan kita berbagi pengalaman pengetahuan. Semoga konfrensi ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan memberikan sumbangan pengetahuan dalam pengembangan ilmu fisika baik dalam bidang pendidikan maupun fisika terapan. Dalam forum ini kita akan dapat menemukan solusi permasalahan yang dapat dipecahkan dan dikembangkan untuk memperkaya tentang pengetahuan fisika.”
Mewakili Gubernur Sumatera Utara, Drs. Musa Rajeckshah, M. Hum. Turut mengapresiasi dan mengucapakan selamat kepada pengurus PSI cabang SUMUT yang baru dilantik. Beliau mengatakan “Seiring dengan acara ini, saya menyampaikan apresiasi pada PSI dan panitia atas terselanggarakannya acara seminar ini dengan harapan semoga seminar ini bisa melahirkan ide yang dapat memenuhi kepentingan masyarakat sumatera utara khususnya dalam bidang teknologi dan industri.

Lanjutnya, “Besar harapan saya kegiatan ini dapat memberi semangat terhadap kemajuan IPTEK dan minat untuk belajar fisika maupun sains sehingga generasi muda yang akan datang mampu bersaing dan menjawab tantangan negara yang saat ini menuju revolusi industri 4.0. hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat.”

Rapat dan Pelantikan PSI Cabang Sumut

Pada rapat majelis tersebut Kajur/Kaprodi Fisika dan Pendidikan Fisika se-Indonesia membahas mengenai sosialisasi dan penerapan kurikulum KKNI di kampus masing-masing, perkembangan jurnal-jurnal fisika, dan pembentukan pengurus cabang PSI di tiap provinsi, khususnya di Sumatera Utara.

Dari hasil rapat majelis tersebut, ditentukan dan dilantik pengurus cabang Sumatera Utara periode 2017-2021, memutuskan pengurus PSI Sumut antara lain : Prof. Drs. Motlan, M.Sc., Ph.D. sebagai Ketua PSI Sumut, Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc. sebagai Wakil Ketua PSI Sumut, Prof. Dr. Nurdin Bukit, M.Si. sebagai Sekretaris, Dr. Kerista Tarigan, M.Eng. Sc. sebagai wakil sekretaris, Dr. Eva Marlina Ginting, M.Si. sebagai Bendahara, Dra. Indrayani, M.Si. sebagai wakil bendahara, Dr. Perdinan Sinuhaji, M.S. Koordinator Bidang penelitian dan pengembangan, Dr. Juniastel Rajagukguk, S.Si., M.Si. sebagai Koordinator Bidang Publikasi dan Jurnal, Junedi Ginting, S.Si, M.Si. sebagai Koordinator Bidang Pengabdian Masyarakat, Dr. Rahmatsyah, M.Si. sebagai Koordinator Bidang Olimpiade dan Kreatifitas, Prof. Dr. Erna Frida, M.Si. sebagai koordinator bidang akreditasi, Dr. Diana Alemina Barus, M.Sc. sebagai koordinator bidang pelatihan pendidikan, Rugaya, S.Si., M.Si. sebagai Koordinator bidang humas, Dr. Syahrul Humadi, M.Sc. sebagai Koordinator bidang Organisasi dan IT, Dr. Ridwan A Sani, M.Si. sebagai Koordinator bidang kerjasama guru-guru SMA/SMP, dan Ir. Andar S Gultom, M.Pd. sebagai Koordinator bidang kerjasama industri dan praktisi. Sebanyak 56 orang pengurus baru PSI Cabang Sumut periode 2017- 2021 dilantik oleh Ketua PSI Pusat Prof. Mitra Djamal.

ICTAP

Konfrensi Internasional ICTAP ke 8 ini mengangkat tema ” Physics and Smart Applications” dengan mengundang narasumber dari beberapa negara, anatara lain : Prof. Dr. Jakrapong Kaewkhao (Nakhon Pathom Rajabhat University, Thailand), Prof. Dr. Sahrim Ahmad (The National University of Malaysia), Dr. R. Rajaramakrishna (The National College Jayamagar-Bangalose, India), Prof. Dr. Shahidan Ramidan (School of Applied Physics Studies, The National University of Malaysia) dan Prof. Mitra Djamal (Chairman of Physical Society of Indonesia).

Ratusan peserta dan pemakalah antusias mengikuti konfrensi internasional. Kegiatan tersebut dilanjutkan diskusi paralel dan pameran poster jurnal ilmiah. Makalah yang dipilih akan dipublikasikan dalam Jurnal Fisika: Conference Series (JPCS diterbitkan oleh Institute of Physics / IOP Bristol, Inggris), SCOPUS, dan Ei Compendex.

Adapun lingkup yang tercakup dalam konferensi tersebut antara lain: Fisika Teoritis dan Komputasi, Bahan Lanjutan, Nanosains dan Nanoteknologi, Biofisika dan Fisika Medis, Fisika Nuklir dan Partikel, Geofisika, Astrofisika, Fisika Instrumental, Laser dan Optoelektronik, Energi dan Fisika Lingkungan, dan Interdisipliner. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW