Close

" The Character Building University "

Rektor Berangkatkan 3580 Mahasiswa Ikuti PPLT, Berharap Menjadi Inovator Pembelajaran

MEDAN (Unimed) – Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd memberangkatkan 3.580 orang mahasiswa untuk mengikuti PPLT melalui acara yang digelar di Gedung Serbaguna Unimed , Jumat (31/8). Turut hadir dalam acara pemberangkatan tersebut, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Direktur PPs, Dekan dan Ketua Prodi di lingkungan Unimed, Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong. Ribuan Peserta PPLT (Program Pengalaman Lapangan Terpadu) selama satu semester disebar diberbagai sekolah di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Prof Syawal Gultom mengajak mahasiswa tersebut untuk turut membangun kemampuan bernalar di sekolah.

“Perubahan itu terjadi jika cara berfikir kita berubah. Jika cara bernalar kita berubah. Cara berfikir itu dimana dikerjakan kalau tidak dimulai dari sekolah. Di negara maju cara berfikir bangsanya, nalarnya baik. Orang bisa menghargai orang lain atas pertimbangan nalar yang baik, bukan merasa paling benar di dunia ini. Bukan merasa kelompoknya paling hebat,”ucapnya.

Mahasiswa PPL juga menurut Prof Syawal harus melatih kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial. Ia menyarankan mahasiswa PPL dapat menjadi inovator pembelajaran di sekolah.

“Koreksi baik-baik dan periksa ulang RPP yang telah disusun itu. Latihan. Tidak bisa langsung menjadi guru profesional. Yang penting persiapan sudah matang tunjukkan  di sekolah. Jangan kalian (mahasiswa PPLT)  justru menyusahkan di sekolah, tapi tampilkan diri kalian disekolah. Kami (mahasiswa PPLT) datang dengan konsep yang jelas, dan kami inilah inovator-inovator metodelogi pembelajaran,” lanjutnya.

Prof Syawal juga berharap, selain tempat melatih diri, sekolah juga harus dimanfaatkan sebagai tempat menebarkan kebaikan bagi bangsa.

“Maha karya terbesar dari seorang pemimpin adalah mewariskan generasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Oleh karna itu kitalah yang memulai itu. Unimed harus bisa memberi jalan untuk negeri ini, yang membangun pribadi sekolah. Apa yang dibangun di sekolah, nalar, keterampilan, kepribadian, interaksi sosial,” pungkasnya. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW