Close

" The Character Building University "

Mahasiswa Unimed Raih Juara I Nasional pada Ajang NUDC di UM Malang

Malang – Mahasiswa Unimed berhasil meraih medali emas pada ajang bergengsi National University Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan di Universitas Malang (UM) pada tanggal 15-20 Agustus 2018.

Adapun mahasiswa yang mewakili Unimed pada kompetisi tersebut antara lain : Asrita Sari (Pend. Bahasa Inggris 2015), Fajar Fadly (Pend. Bahasa Inggris 2016) dan Wahyu Mulia (Pend. Bahasa Inggris 2016).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. NUDC telah menjadi program nasional tahunan di Indonesia. Sistem yang digunakan dalam NUDC adalah sistem British Parliamentary (BP). Sistem ini adalah sistem yang digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia. Kegiatan tahunan ini menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Seleksi tingkat nasional diikuti oleh Tim terbaik di masing-masing Wilayah I s.d. XIV yang berjumlah 112 Tim. Seluruh tim berjumlah 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa debaters dan 112 orang N1 adjudicators. Satu tim terbaik setelah 8 Babak Penyisihan dan 2 tim terbaik pada Grand Final Main Draw akan diprioritaskan untuk mewakili Indonesia mengikuti debat tingkat dunia World University Debating Championship (WUDC) di Cape Town, Afrika Selatan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Sahat Siagian, M. Pd. turut bangga dan mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih oleh mahasiswanya. Beliau mengatakan “prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Unimed, kita akan mendorong mahasiswa untuk terus berkarya dan berprestasi sehingga mewujudkan Unimed menuju world university sesuai dengan harapan kita. Kami juga mengucapkan selamat kepada tim yang berhasil meraih medali emas diajang bergengsi di Universitas Malang, semoga memotivasi mahasiswa Unimed lainnya.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd juga menyambut baik atas prestasi tersebut. Beliau mengucapkan selamat kepada Asrita Sari dan kawan-kawan yang telah mengharumkan nama Unimed dikancah nasional.

“Prestasi ini merupakan kabar yang sangat membahagiakan bagi kita pimpinan dan civitas Unimed. Tentunya prestasi ini tidak terlepas dari bimbingan para dekan dan para dosen. Ini menjadi bukti bahwa proses pembelajaran di kampus Unimed sudah berjalan secara optimal, dosen dan mahasiswa telah menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga mewujudkan visi kita menjadikan Unimed kampus unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya, ” ujar Prof. Syawal. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW