Close

" The Character Building University "

FBS Unimed Awali Kuliah Perdana Dengan Launching E-Learning

Medan – Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan telah melaunching e-learning pada kamis, 16 agustus 2018 di Aula FBS Unimed yang disaksikan langsung oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Dekan, Wakil Dekan, seluruh fungsionaris dan dosen di lingkungan FBS Unimed. Kegiatan ini dirangkai dengan workshop kuliah perdana dalam pemberdayaan dosen KDBK dalam peningkatan layanan akademik. Kuliah perdana semester gasal 2018-2019 di lingkungan Unimed akan dilaksanakan mulai Senin, 20 Agustus 2018.  

Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, dalam kata pembuka mengatakan, launching e-learning ini sebagai upaya kita bersama dalam menyahuti program pemerintah dalam revolusi industri 4.0. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi perlu segera di implementasikan dalam perkuliahan. Pembelajaran bagi civitas akademika harus segera berbasis ICT untuk mempermudah sistem pembelajaran, tanpa mengurangi mutu pendidikan itu sendiri. Walau hal ini telah kita terapkan di Unimed ± 10 tahun yang lalu. Jadi e-learning ini sesungguhnya tidak hal baru bagi kita.

Lanjut Dr. Isda, kita pimpinan fakultas telah menyediakan fasilitas e-learning yang harus disahuti dan dimanfaatkan oleh seluruh dosen dalam kegiatan akademik. Terutama seluruh perangkat pembelajaran bisa mulai sekarang di unggah sebelum kita mengawali kuliah di semester ini pada 20 agustus 2018. Saya berharap dosen muda bisa membantu dosen senior, dan angkatlah semangat jiwa kita untuk peduli dan berperan aktif dalam menyikapi e-learning ini untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.  

Dalam paparannya, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, sangat mengapresiasi langkah baik bagi FBS ini, saya senang dan terima kasih atas usaha terbaik demi kemajuan bersama. Memang tidak ada jalan lain bagi kita Unimed dalam menyikapi kebijakan pemerintah dalam revolusi industri 4.0, kecuali merubah pola pikir dosen dan kemauan dosen untuk merubah pola perkuliahan yang berbasis ICT dengan leterasi data, literasi teknologi dan literasi manusia.

Lanjut Prof. Syawal, musuh terbesar kita sekarang adalah pikiran, karena pikiran akan menghasilkan tindakan dan mendorong kita mampu berpikir positif dalam menjalankan tugas kita sehari-hari. Jika pikiran kita semua baik, tindakan kita dalam menyahuti kebijakan baru Dekan Fbs tentang e-learning ini juga pasti akan gairah dan semangat untuk mewujudkan dalam perkuliahan nanti. Tidak ada kata tidak bisa jika ada kemauan untuk berubah. Tinggalkanlah pikiran negatif dalam menyikapi hidup ini. Saya yakin kita semua pasti bisa dan mampu untuk berubah.  

Melalui e-learning ini, saya berharap kita bersama bisa saling membantu dalam mengimplementasikan e-learning ini dalam pembelajaran. Awalilah perkuliahan semester ini dengan semangat baru menuju era revolusi industri 4.0. Segera lanjutkan pertemuan ini dalam rapat dosen KDBK di jurusan, agar seluruh perangkat perkuliahan satu mata kuliah jika dosennya ada beberapa orang, dirembukkan bersama perangkat kuliahnya. Harus sama RPS, Kontrak kuliah, materi, 6 tugasnya, rubrik penilaiannya dan pola pembelajarannya. Selamat mengawali perkuliahan semester gasal 2018/2019 pada senin, 20/8/2018. Semoga kita tetap sehat dan dapat berkinerja baik, sehingga dapat menghantarkan lulusan kita nantinya menjadi lulusan yang siap kerja dan mampu berdaya saing. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW