Close

" The Character Building University "

Ratusan Dosen FE Unimed Ikuti Penguatan Perangkat Perkuliahan Berbasis KKNI

Medan (Unimed) – Ratusan Dosen Fakultas Ekonomi (FE Unimed) mengikuti workshop penguatan perangkat perkuliahan berbasis KKNI di Aula Lt.III Gedung Administrasi FE Unimed (31/7). Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, MS., Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Sc., Ph.D., Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd., Ketua LPM Dr. Kustoro Budiarta, ME., Wakil Dekan FE dan peserta workshop dari dosen-dosen FE.

Workshop tersebut merupakan salah satu serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh FE dalam penguatan perangkat perkuliahan semester baru. Dengan adanya kegiatan ini, mempersiapkan para dosen FE dalam memberikan kuliahnya lebih inovatif, variatif dan bisa berkolaboratif pada semester kedepan, sesuai dengan kurikulum berbasis KKNI dalam menghadapi dan merespon Revolusi Industri 4.0 yang sudah didepan mata.
Kemajuan revolusi industri 4.0 saat ini sudah mulai kita rasakan, perkembangan ekonomi digital dan teknologi internet semakin pesat. Melalui workshop penguatan kurikulum berbasis KKNI ini, diharapkan dosen-dosen mampu menyesuaikan diri dalam mempersiapkan pengajaran dalam merespon revolusi 4.0 sehingga pembelajaran menjadi efektif dan melahirkan lulusan yang kompeten dibidangnya,” ucap Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Sc., Ph.D pada sambutannya.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam paparannya mengatakan “kita harus bisa mengikuti dan menyesuaikan diri pada perkembangan industri yang semakin maju. Dosen-dosen saat ini harus mempersiapkan tantangan kerja di masa depan, bukan exsiting saat ini. Karena jika kita hanya memberikan perkuliahan sistem yang lama maka bisa dipastikan kemajuan pendidikan kita sulit untuk berkembang dan alumni kita akan kesulitan utk bersaing pada dunia kerja. Kemajuan pendidikan juga memberikan dampak pada kemajuan perekonomian sebuah bangsa. Sebagai perguruan tinggi, kita diharapkan mampu menjawab tantangan dan permasalahan yang terjadi saat ini. Melalui kurikulum KKNI yang kita terapkan di Unimed, kita harapkan mahasiswa harus kritis, mampu menganalisis permasalahn sosial, meneliti dan dapat memberikan solusi dari setiap permasalahan yg ada.”

Kebijakan pemerintah agar perkuliahan di perguruan tinggi mampu mengimplementasikn revolusi industri 4.0 harus kita wujudkan dalam perkuliahan. Lulusan kita harus lebih siap dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan kerja saat ini. Tak kalah penting juga agar mahasiswa FE ini mampu memberikan kontribusinya dalam menjawab kebutuhan masyarakat yang bergelut dalam ekonomi kreatif di masyarakat, kita harus hadir kepada mereka melalui mata kuliah magang agar masalah yang mereka hadapi dapat kita bantu untuk terselesaikan. FE Unimed harus mampu hadir untuk membantu masalah masyarakat tersebut, tutup pak Rektor. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW