Close

" The Character Building University "

Mahasiswa Unimed Beri Pelatihan Paralinguistis SIBI Kepada Masyarakat Tunawicara Batubara

Medan – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Negeri Medan (PKM-Unimed) memberikan pelatihan kepada masyarakat tunawicara di Kecamatan Tg.Tiram dan Talawi, Kab. Batu Bara yang dilaksanakan selama sebulan di bulan Juni yang dimulai dari tanggal 2 Juni sampai dengan 30 Juni 2018.

Mahasiswa yang lolos pendanaan PKM tahun 2018 dari Kemenristekdikti membuat pelatihan paralinguistis. Paralinguistis merupakan teknik komunikasi yang digunakan oleh seseorang. Dalam hal ini, paralinguistis yang digunakan adalah paralinguistis SIBI (Sistem Isyarat bahasa Indonesia) dimana SIBI merupakan bahasa isyarat Nasional.

“Pelatihan ini dilakukan semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan dari PKM-M ini yaitu masyarakat tunawicara mampu berkomunikasi dengan paralinguistis SIBI ( Sistem Isyarat bahasa Indonesia)”. Jelas Robiatul selaku ketua Tim PKM.

Robiatul Adawiya juga mengatakan bahwa Pelatihan Paralinguistis SIBI  merupakan pelatihan bagi penyandang tunawicara untuk memperoleh respon yang dilihat dari cara mereka menggunakan gerakan badan dan mimik muka dalam berkomunikasi, SIBI menggunakan kata-kata yang memiliki makna yang sama tetapi dengan penampilan yang berbeda, kata yang sama dan makna yang berbeda dilambangkan dengan isyarat yang sama,  dan kata yang memiliki makna yang berlawanan diisyaratkan dengan penampil dan tempat yang sama, tetapi arah gerakannya berbeda.

Kegiatan ini sangat didukung oleh tokoh masyarakat setempat serta keluarga tunawicara yang bersangkutan. “Kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa karena tidak ada kegiatan seperti ini sebelumnya, hal ini mungkin akan menjadi wadah untuk membuat komunitas tunawicara dikecamatan Tg.Tiram dan Talawi untuk lebih bisa produktif” ujar H. Ruslan Hamid salah satu tokoh masyarakat didaerah setempat.

 “Kegiatan ini sangat bagus, karena sebelumnya tidak ada sekolah yang dibuat khusus untuk belajar bahasa isyarat”. Ujar salah satu Keluarga dari penyandang tunawicara.

Tim PKM-Unimed tidak berhenti sampai disitu saja, Tim PKM juga nantinya akan membuat buku panduan dan video kosa kata SIBI sebagai panduan masyarakat tunawicara dalam mempelajari bahasa SIBI tersebut.  (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW