Close

" The Character Building University "

Tim PKM-M Unimed Berhasil Tingkatkan Pembelajaran Berbasis Lab Untuk Siswa Tunanetra

Medan – Mahasiswa Universitas Negeri Medan berhasil melakukan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat di sekolah SLB-A Karya Murni Medan Johor yang dilaksanakan secara bertahap dari 1-6 Juni 2018. Kegiatan ini dibingkai dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan untuk mejalankan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah dinyatakan lolos seleksi proposal oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti.

Dalam pelaksanaannya, Tim PKM-M Unimed bekerjasama dengan Sekolah Pendidikan Anak Tunanetra (SLB-A) Karya Murni Medan yang berada di Jalan Karya Wisata No.6 Gedung Johor. Adapun dalam pelaksanaannya PKM bidang Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh TIM PKM-M Unimed yang terdiri oleh Diva Almira, Kiki Santoso, Riri Syavira dan Saprijal dengan dosen dibimbing oleh Dr. Rahmatsyah, M.Si., Dosen Prodi Fisika Unimed. Pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini telah dilakukan mulai bulan April hingga bulan juli 2018, adapun tahap pelaksanaan ini meliputi diskusi dengan pihak sekolah baik Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan guru-guru untuk mengetahui kondisi kognitif dan psikomotorik siswa, diskusi ini dilakukan hampir setiap minggu agar hasilnya maksimal, kemudian pembuatan kit peralatan materi mekanika dan listrik, sosialisasi kit peralatan dan buku panduan pada guru, pengembangan konsep pembelajaran berbasis laboratorium pada siswa SLB-A, penerapan pembelajaran berbasis laboratorium serta monitoring dan evaluasi program dilanjutkan dengan pembuatan laporan akhir.

“Kita coba memberikan pengabdian yang terbaik kepada sekolah ini, kami sudah membagi tugas dengan seluruh anggota tim. Selain itu juga kami telah memanfaatkan setiap waktu yang dimiliki dan menjadwalkan setipa hal yang akan kami kerjakan agar semua nya berjalan dengan baik”, ujar Diva Almira yang merupakan ketua Tim.

Kiki Santoso, didampingi anggota lainnya yakni Riri Syavira dan Saprjal mengatakan “Adapun alat yang kami berikan kepada sekolah SLB-A Karya Murni ini berupa kit pembelajaran berbasis laboratorium materi mekanika dan listrik seperti Praktikum Bandul Sederhana, Elasitisitas dan Praktikum Rangkaian Listrik(Rangkaian Terbuka dan tertutup seri-tunggal)”

Dr. Rahmatsyah,M.Si.,selaku dosen pembimbing berujar “ kita mempunyai niat yang baik untuk memberikan alat agar bermanfaat dan mendorong pembelajaran di SLB-A Karya Murni tersebut menjadi labih baik, oleh karenannya kita harus maksimal dan terus berdiskusi baik dengan tim dan pihak sekolah agar kedepannya pembelajaran berbasis laboratorium tersebut benar-benar berkelanjutan dan bermanfaat bagi guru dan siswa“

Kepala Sekolah SLB-A Karya Murni Karolina Emilia Indut,M.Pd dan Wakil Kepala Sekolah Lucia sangat mengapresiasi program yang dilakukan oleh mahasiswa Unimed di sekolah ini, Adapun pembelajaran di sekolah ini sudah sangat baik bahkan sangat membuat siswa-siswa nyaman dan senang untuk belajar disini. Harapannya dengan adanya program ini dapat meningkatkan proses pembelajaran kepada siswa-siswi tunanetra di SLB-A Karya Murni, kita berharap yang sudah baik menjadi lebih baik.

Elfrida,S.Pd selaku guru fisika di SLB-A Karya Murni mengatakan “ saya sangat bersyukur dan senang dengan adanya alat kit laboratorium materi mekanika dan listrik yang tim PKM-M Unimed berikan karena selama ini ada beberapa materi yang telah kami pelajarin dan belum dilakukan praktikum nya sehingga siswa penasaran, dengan adanya kit laboratorium ini siswa menjadi lebih mudah belajar IPA ?terutama Fisika materi Mekanika dan Listrik.

Selanjutnya TIM PKM-M Unimed akan membuat Vidio Tutorial mengenai pembelajaran berbasis laboratorium materi mekanika dan listrik, pembuatan video ini dilakukan agar kedepannya guru selalu memanfaatkan kit pembelajaran berbasis laboratorium beserta buku panduan yang diberikan dengan baik dan efektif. Kita berharap karya mahasiswa Unimed ini dapat menjadi sumbangsih bagi SLB Karya Murni dalam meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran di laboratorium ciptaan mahasiswa Unimed. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW