Close

" The Character Building University "

PHBI Unimed Gelar Nuzulul Qur’an

Medan – PHBI Universitas Negeri Medan (UNIMED) peringati Nuzulul Qur’an dirangkaikan dengan buka puasa bersama di Masjid Kampus Baiturrahman Unimed di Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate pada Selasa, 5 Juni 2018. Peringatan Nuzulul Qur’an setiap tahunnya aktif digelar oleh PHBI Unimed pada setiap 17 Ramadhan. Acara ini dibarengi dengan pengukuhan Program Tahsin Al-Quran Unimed. Turut hadir Rektor Unimed Prof. Dr. H. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Para Dekan, Wakil Dekan, fungsionaris, ratusan dosen dan mahasiswa dilingkungan Unimed.

Prof. Dr. H. Syawal Gultom dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan Nuzulul Qur’an akan memberikan banyak manfaat dan dorongan bagi kita untuk mejadii manusia terbaik dihadapan Allah SWT dan antar sesama. Yang dimana pada surah Ali Imran ayat 104 dan 110 menyeruhkan kita untuk mengajak orang berbuat baik mencegah orang dari perbuatan munkar karna sebaik baik ummat, beriman, mengajak baik dan melarang keburukan. Dan dalam acara ini juga kita mengukuhkan Program Tahsin Qur’an yang dimana arti dari Tahsin Quran ini menyempurnakan, memperbaiki, dan memperkaya baca Al-Qur’an. Dimana kegiatan Tahsin Quran ini bertujuan untuk meningkatkan penghayatan kita kepada alquran memahami dan mengamalkan isi Al- Qur’an.

Dr. Ahmad Zubir, Lc. MA., dalam ceramahnya mengungkapkan bahwa fungsi pertama kali diturunkannya Al-Qur’an adalah untuk merubah jati diri manusia karna dalam alquran mengajarkan perubahan mindset, keyakinan dan perasaan. Dan fungsi yang kedua dari Al-Qur’an adalah menciptakan peradaban Islam yang Universal karena Alquran dijadikan pedoman hidup seluruh manusia dalam mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Sementara Ketua PHBI Unimed Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan mohon terus dukungan Bapak Rektor dan seluruh pimpinan agar kami PHBI Unimed dapat terus berbuat untuk memperkuat ukhwan silaturrahim antar civitas dan juga dapat terus menguatkan paham keislaman warga civitas. Kami kedepan agar terus melakukan berbagai kegiatan yang mendukung terwujudkan kampus hijau Unimed yang sejuk, teduh dan menangkal paham-paham radikal hidup dikampus ini. Acara ini sekaligus pengukuhan Program Tahsin Qur’an agar Mahasiswa Unimed lebih meningkatkan pemahaman dan mengamalakan isi dari kandungannya.

Melalui perayaan Nuzulul qur’an hari kita, kita pimpinan komitmen agar perayaan keislaman seperti ini akan kita galakkan. Jika kita memiliki kebersamaan yang kuat, maka seharusnya ribuan orang civitas dapat hadir keacara yang baik seperti ini. Saya ajak para dekan, direktur dan seluruh fungsionaris di Unimed dapat aktif mengajak dosen dan mahasiswa untuk hadir pada acara keagamaan seperti ini, karena manfaatnya sangat besar bagi kita. Tidak berarti yang baik jika kecerdasan dan keterampilan kita telah raih dalam proses akademik, namun karakter diri tidak terbentuk baik, seharusnya harus sejalan antara kecerdasan dan karakter diri. Kita memiliki motto the character building university, karakter itu tidak akan berhasil kita capai jika warga civitas Unimed tidak menerapkan nilai-nilai agama dalam diri dan aktivitas akademik di kampus. Dan Semoga niat baik kita bersama dalam memajukan kampus Unimed dapat tercapai. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW