Close

" The Character Building University "

Dosen Unimed Bantu Kembangkan Ekonomi Rakyat Percut Sei Tuan Deli Serdang

Desa Saentis – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat (PPM) yang dikembangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ditjen Risbang Kemenristekdikti. Melalui kegiatan ini Tim dosen Unimed yakni Makharany Dalimunthe, S.Pd, M.Pd, Dra. Hafni Indriati Nasution, M.Si, dan Rini Selly, S.Pd, M.Sc, melakukan kegiatan sosisalisasi dan pelatihan dalam pengolahan keripik singkong pada 25 Mei 2018 di Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupatan Deli Serdang. Kegiatan PKM ini melibat dua mitra yang memiliki usaha pengolahan keripik singkong yang ada di Desa Saentis yaitu mitra Dusun IV (bapak Sugianto) dan mitra dusun VIII (Ibu Mis, Javitri), Kepala Desa, Pendamping dari LPM Unimed (Bapak M. Latif Pane), Dosen dan Mahasiswa Unimed. Dalam kegiatan ini, Tim Pengabadian Dosen Unimed menyerahkan dua mesin perajang singkong kepada kedua mitra.

Tujuan dari kegiatan ini adalah : a) Membantu kelompok mitra yaitu Unit Usaha Pembuat Keripik Singkong di Dusun IV dan Dusun VIII Desa Seantis dalam peningkatan pendapatan keluarga melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada usaha pembuat keripik singkong.  b) Membantu kelompok mitra dalam peningkatan mutu produk dan produktivitas dalam kuantitas yang lebih besar dengan menggunakan bantuan teknologi mesin perajangan singkong dan mesin perekat pembungkus keripik singkong elektrik. c) Meningkatkan peran serta ibu-ibu rumah tangga dalam pendapatan ekonomi keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dalam kesempatan ini, Makharany Dalimunthe, S.Pd, M.Pd, selaku ketua pengabdian mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari LPM Unimed yang memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, serta ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Saentis Bapak Asmawito, S.Sos, seluruh para pekerja di unit usaha Mitra yang terlibat dalam sosialisasi dan pelatihan, masyarakat, serta dosen dan mahasiswa Unimed yang ikut mendukung. Sebagai dosen, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus kami laksanakan, melalui kegiatan ini kami dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi yang nyata bagi pengembangan skill dan taraf hidup masyarakat. Kami berharap dengan terlaksananya kegiatan ini masyarakat Desa Saentis khususnya mitra usaha pengolahan keripik singkong Dusun IV dan Dusun VIII memiliki metode dan teknik yang lebih baik dalam pembuatan keripik singkong sehingga menghasilkan produk dengan mutu dan kuantitas yang baik. Dengan peningkatan manajemen keuangan, produksi dan pemasaran serta nilai jual produk diharapkan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mitra dan ibu-ibu rumah tangga yang menjadi pekerja di unit usaha keripik singkong ini. Sebagai tim dosen yang melaksanakan kegiatan pengabdian ini, kami akan senantiasa berkerjasama dengan masyarakat dan pemerintahan setempat dalam hal memberikan pengembangan potensi dan skill agar masyarakat lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola usahanya.

Selaku Kepala Desa Saentis, Bapak Asmawito, S.Sos, juga mengungkapkan rasa terima kasih atas segala sumbangsih yang diberikan Unimed melalui para dosen dan mahasiswa pada kegiatan PKM yang dilaksanakan di Desa Saentis. Dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai metode dan teknik, serta pemberian alat perajangan singkong kepada mitra yang ada di Dusun IV dan Dusun VIII, kami berharap dapat meningkatkan mutu dan kuantitas dari produksi keripik singkong yang pada hakikatnya juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Saentis. Kami masyarakat desa Saentis sangat mengapresiasi dan senang dengan bersedianya dosen-dosen unimed memberikan sosialisasi dan pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat di desa ini. Sehingga untuk kedepannya kami berharap bapak dan ibu dosen serta mahasiswa kiranya berkenan membagikan ilmunya agar masyarakat desa Saentis ini dapat bertambah wawasan dan skillnya. Harapan kami semoga Unimed dapat terus bermanfaat bagi masyarakat luas melalui berbagai kegiatan Tri Dharma yang dilaksanakan para civitas akademik di Unimed. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW