Close

" The Character Building University "

Dorong Mahasiswa Berwirausaha, Unimed Hadirkan Pelaku Bisnis Sukses

Medan (Unimed) – Unimed gelar sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) kepada ratusan mahasiswa di Lt. IV Digital Library Unimed pada 15 Mei 2018. PMW yang menjadi program tahunan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa menjadi wirausahawan-wirausahawan muda yang siap bersaing di dunia global.

PMW 2018 merupakan program pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon/pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang diwakilkan oleh Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. mengatakan “kegiatan sosialisasi PMW ini menghadirkan narasumber yang ahli dan sukses berwirausaha diharapkan para mahasiswa menimba ilmu dan pengalaman dari para narasumber, sehingga menjadi seseorang yang produktif, aktif dalam mencari peluang dan bisa menciptakan situasi dimana seseorang harus menjadi terbiasa dalam berwirausaha.”

Pada sosialisasi PMW tersebut menghadirkan narasumber Akbar Buchari, seorang pengusaha muda sukses di bidang transportasi di Sumatera Utara, saat ini beliau menjabat Komisaris Kurnia Group, selain itu beliau merupakan owner Hotel Saka Medan. Dibidang organisasi Akbar tercatat sebagai wakil ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Himpi) Sumut, ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Pengkot Medan, dan ketua komisi roda empat Ikatan Mobil Indonesia. Beliau mengungkapkan menjadi pengusaha dibutuhkan adalah jiwa entrepreneurship, tidak mudah putus asa, dan komitmen. Akbar juga membagikan pengalamannya mulai dari merintis usahanya hingga sukses saat ini. Butuh perjuangan dan kerja keras dalam membangun sebuah usaha. Niat dan tekad yang kuat menjadi modal kita dalam berwirausaha.

Sementara perwakilan Bank BNI, Muhammad Faisal Jazuli menyatakan siap bekerjasama dengan Unimed dalam upaya peningkatan usaha mikro dikalangan Universitas. “Sebagai mitra Unimed, Kami siap memberi bantuan dan mendorong mahasiswa untuk melakukan wirausaha, khususnya pada PMW ini.”

Lanjutnya, “dengan adanya PMW ini diharapkan menjadi wadah dan moda penggerak mahasiswa untuk giat berwirausaha. Tinggalkan mindset menjadi seorang pekerja, jadilah pengusaha yang sukses. Bisa membuka lapangan kerja dan dapat mensejahterakan masyarakat. Karena sebaik-baiknya manusia adalah bisa memberi manfaat bagi orang lain.” (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW