Close

" The Character Building University "

Kembangkan Kreativitas Pelajar, Prodi Seni Tari FBS Gelar Festival Tari

Medan (Unimed) – Prodi Pendidikan Seni Tari gelar Festival Tari tingkat pelajar se-kota Medan di Pendopo Sanggar Tari Unimed (7/8). Acara tersebut mengangkat tema “menumbuh kembangkan kreativitas anak melalui eksplorasi gerak tari sebagai sarana pendidikan karakter.”

Acara ini digelar oleh mahasiswa Pendidikan Tari dalam rangka menyelesaikan salah satu mata kuliah di Prodi Pend Tari. Adapun Tari Pendidikan II menekankan kepada kebebasan berekspresi gerak kreatif pribadi siswa dalam aktifitas belajat menari di sekolah. Dalam proses penuangannya, eksplorasi merupakan persyaratan yang penting untuk menyampaikan komunikasi antara guru dan siswa. Tari Pendidikan II juga memberikan pengetahuan kepada siswa tentang kerjasama, sensitif terhadap lingkungan, dan mampu mengekspresikan diri secara mandiri dan berkelompok.

Dalam PBM, Tari Pendidikan II ini melibatkan siswa-siswi SMP/SMA yang tersebar di Kota Medan. Mahasiswa Prodi Pendidikan Tari selama 2 bulan melalui proses pendampingan bimbingan pada siswa siswi di sekolah dalam proses eksplorasinya. Dalam evaluasinya, Tari Pendidikan II ini disajikan dalam bentuk performance kelompok. Untuk memberikan apresiasi pada siswa sekolah dan sekolah-sekolah yang terlibat, maka dibuat semacam lomba tari antar sekolah yang menjadi bimbingan mahasiswa Prodi Pendidikan Tari.

Pertunjukkan ini dibimbing oleh Yusnizar Heniwaty, SST, M.Hum, Ph.D dan Sitti Rahmah, S.Pd, M.Si. Turut hadir pada acara ini Wakil Dekan I Dr. Wahyu Triadmojo, M. Hum, dosen-dosen pendidikan tari, mahasiswa dan ratusan siswa-siswi SMP, SMA dan sederajat se- Sumatera Utara.

Wakil Dekan I Dr. Wahyu Triadmojo, M. Hum., menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. Atas terselenggaranya acara ini. Semoga kita dapat menjalin kersajasama baik dengan sekolah-sekolah yang ada di kota Medan ini. Kegiatan ini merupakan sarana yang rutin dilaksanakan di prodi pendidikan tari, kegiatan ini sangat berguna untuk mengasah kemampuan mahasiswa kita untuk terampil dalam mengajarkan seni budaya khususnya bidang tarian kepada peserta didiknya kelak nanti.

Salah satu peserta Festival Tari, Reni mengatakan acara festival tari ini sangat bagus, bisa menambah pengalaman dan wawasan kami dalam bidang seni tari. Tempatnya juga bagus dan ramai yang ikut lomba festival tari. Kami sangat senang sekali bisa berjumpa dengan teman-teman baru dan semoga perlombaan seperti ini sering dilakukan oleh Unimed, kami juga berterimakasih kepada kakak-kakak mahasiswa yang telah sabar mengajarkan kami keterampilan menari. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW