Close

" The Character Building University "

FIS Unimed Tingkatkan Peran KDBK untuk Layanan Akademik

Medan (Unimed) – Fakultas Ilmu Sosial Unimed menggelar FGD Peningkatan Kinerja Kelompok Dosen Bidang Kajian (KDBK) untuk Layanan Akademik di Program Studi yang dilaksanakan di Ruang Rapat FIS  Lt. 3 (3/4/18). Dengan pemateri tunggal Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Tujuan FGD ini sebagai upaya menguatkan kembali komitmen untuk peningkatan kualitas pemberdayaan KDBK Unimed, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd., WD I, WD II, WD III, seluruh fungsionaris dan dosen dilingkungan FIS Unimed.

Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd., menyampaikan “Peran dosen dalam meningkatkan mutu akademik di FIS sangat perlu terus kita tingkatkan dan kita kuatkan komitmennya. Oleh karena itu pengelolaan atau manajemen sumberdaya manusia dosen perlu diarahkan.. Tentunya pemberdayaan dosen KDBK dalam meningkatkan kualitas mutu akademik perlu dimulai dari kesatuan persepsi dan harapan bersama. Pertemuan ini kita harapkan dapat menyatukan komitmen dan kesatuan pandangan terhadap peningkatan mutu akademik melalui peran KDBK kita fokuskan”, ujar dekan FIS ketika memberi kata sambutan.

Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom, M.Pd., dalam paparannya menyampaikan ada lima peran KDBK agar terus bersinergi dalam penguatan penjaminan mutu pembelajaran. Kelima hal tersebut adalah a) menentukan arah riset dosen dan mahasiswa, b) menetapkan strategi karya ilmiah dosen dan mahasiswa, termasuk hasil HAKI dan PATEN yang ingin dicapai, c) melakukan review kurikulum untuk menyesuaikan dengan dunia kerja, d) merancang sistem penjaminan mutu internal, dan e) meningkatkan kerjasama program studi kepada mitra yang siap menerima lulusan. Beliau mengatakan jika lima hal ini dapat dirumuskan dengan baik dan hasilnya dapat di realisasikan maka mutu dan kualitas pembelajaran di FIS Unimed dapat menghantarkan lulusan kedunia kerja sesuai spesifikasi keahliannya.

Melalui duduk bersama dalam KDBK, dosen dikelompokkan sesuai bidang ilmunya dan komitmen dosen untuk berubah kearah yang baik tidak perlu di dorong, atau sudah ada kesadaran diri untuk berbuat yang terbaik. “Saya yakin kita dapat menghasilkan rancangan tim KDBK untuk tingkatkan mutu pembelajaran dan publikasi ilmiah dosen. Semoga FGD ini bermanfaat baik bagi kita bersama untuk kemajuan kampus yang kita banggakan,” ujar Prof. Syawal.. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW