Close

" The Character Building University "

Pussis-Unimed dan Ikanas akan Gelar Seminar Nasional Pengusulan S.M. Amin Nasution sebagai Pahlawan Nasional

MEDAN (Unimed) – Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pussis) Universitas Negeri Medan bersama Ikatan Keluarga Nasution (Ikanas) akan menyelenggarakan Seminar Nasional Pengusulan Mr. S.M. Amin Nasution sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 21 April 2018. Seminar ini bakal digelar di VIP Room, Lantai IV Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan.

Ketua pelaksana seminar, Dr. Ida Liana Tanjung, M.Si kepada Humas Unimed menyatakan bahwa Mr. S.M. Amin Nasution merupakan tokoh asal Sumatera Utara yang layak diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Hal ini didasari atas peran S.M. Amin dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menjaga integrasi bangsa Indonesia.

“S.M. Amin merupakan salah satu penggagas sekaligus anggota Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 yang menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda. Saat itu, ia sedang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Hukum Batavia dan aktif berkecimpung dalam organisasi-organisasi pemuda yang bergagasan nasionalis, seperti Jong Sumateranen Bond, Jong Islamieten Bond dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Bahkan ia juga ikut membentuk Komisi Besar Indonesia Muda tahun 1930,” ungkap Ida Liana.

Lebih lanjut Ida Liana mengungkapkan bahwa setelah proklamasi kemerdekaan, S.M. Amin diangkat menjadi anggota Komite Nasional Indonesia di Aceh. Kemudian, S.M. Amin menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara sejak tahun 1947 sampai 1949. Pemerintahan S.M. Amin di Sumatera Utara merupakan representasi kedaulatan Republik Indonesia di tengah upaya Belanda mengembalikan kekuasaannya di negeri ini. Saat menjadi Gubernur, S.M. Amin mengeluarkan kebijakan pencetakan Uang Republik Indonesia Sumatera Utara (URIPSU) sebagai instrumen kedaulatan negara. Bahkan S.M. Amin menjadi mediator pengumpulan dana dari rakyat Aceh untuk pembelian pesawat presiden. Peran S.M. Amin yang tak kalah pentingnya adalah sebagai juru damai konflik Aceh saat ia menjadi Gubernur Sumatera Utara untuk kedua kalinya (1953-1956).

Peran S.M. Amin dalam perjuangan kemerdekaan dan pengabdiannya bagi bangsa akan diulas lebih mendalam oleh para narasumber yang dihadirkan dalam seminar. Narasumber seminar ini adalah Dr. Asvi Warman Adam (Sejarawan LIPI), Dr. Budi Agustono (Sejarawan USU), Dr. Ida Liana Tanjung (Sejarawan Unimed), Perwakilan Kementerian Sosial, serta Perwakilan dari Dewan Harian Daerah Sumut. Seminar ini diharapkan dapat menambah dukungan dari berbagai kalangan untuk pengusulan S.M. Amin menjadi Pahlawan Nasional. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW