Close

" The Character Building University "

Mahasiswa FMIPA Perlu Menguasai Metode SCL

MEDAN (Unimed) – Mahasiswa calon guru harus menguasai metode belajar. Salah satu metode yang dianggap penting dikuasai adalah metode Student Center Learning (SCL). SCL merupakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk melakukan sesuatu dan berpikir mengenai apa yang dikerjakannya. Demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd dihadapan mahasiswa Pendidikan Biologi Unimed dalam acara Kuliah Umum yang digelar di Aula FMIPA Unimed, Kamis (12/4).Dalam kuliah umum ini turut hadir Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, M.Si, Ketua Jurusan Biologi Dr. Hasratuddin, M.Si, dosen beserta mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi.

Prof. Makrina yang juga Guru besar Universitas Mulawarman ini mengatakan, esensi SCL adalah belajar bagamana caranya belajar. “Jadi belajar bukan hanya mengimitasi ilmu, tapi sebuah proses penemuan tanpa akhir,” ucapnya.

SCL jgua menempatkan peserta didik aktif dan mandiri, dengan kondisi psikologis sebagai pembelajar, bertanggung jawab sepenuhnya atas pembelajarannya, serta mampu belajar bukan hanya di dalam kelas, tetapi di semua tempat.

Namun penerapan SCL, menurut Prof Markina juga perlu memperhatikan materi pembelajaran yang diajarkan serta tingkat perkembangan peserta didik.

Sementara itu, Dekan FMIPA Unimed Dr. Martina Restuati, M.Si mengatakan metode SCL merupakan salah satu metode pembelajaran yang bagus, dan menjadi salah satu metode yang diterapkan di FMIPA Unimed. Ia menambahkan, kuliah umum dengan materi SCL tersebut bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa dalam metode pembelajaran. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW