Close

" The Character Building University "

Diskusi Publik “Pemilih Cerdas” di Unimed Hadirkan Komisioner KPK dan KAPOLDASU

MEDAN – Rektor Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. hadir dan membuka acara diskusi publik bertema “Pemilih Cerdas Hasilkan Sumut Berkualitas” yang digelar oleh DPD Forum Nasional Bhineka Tunggal Ika Sumatera Utara di Digital Library Unimed Lt.IV, Rabu (14/3). Diskusi yang dimoderatori oleh Rajamin Sirait dengan Wakil Ketua KPK RI, Saut Situmorang, Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, dan Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga.

Acara ini juga dihadiri para pejabat di lingkungan Polda Sumut, termasuk juga hadir Kapolrestabes Kota Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, tokoh Sumut sekaligus mantan Gubernur Sumut, Syamsul Arifin, serta tokoh-tokoh agama, ratusan mahasiswa dan dosen dari berbagai PTN/PTS di Sumut dan tamu undangan lainnya.

Prof. Dr. Syawal Gultom,M.Pd. dalam pembukaan acara menyampaikan, selamat datang Komisioner KPK RI Bapak Saut Situmorang, Kaoldasu Bapak Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, bersama seluruh pimpinan utama Poldasu, dan seluruh peserta diskusi publik. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan panitia menggelar kegiatan baik ini di kampus hijau Unimed. Kami senang dan bangga, semoga kerjasama yang baik akan terus kita jaga untuk kebaikan bersama.

Lanjut Prof. Syawal, “dalam rangka pemilukada yang akan kita laksanakan di Sumatera Utara, kita berharap semua warga selayaknya saling menghargai perbedaan pendapat dan tidak menimbulkan konflik sesama anak bangsa, agar pelaksanaan pilkada di Sumatera Utara dapat berjalan dengan lancar, Kemudian tidak melakukan cara-cara politik kotor baik money politic, ataupun menggunakan isu-isu SARA untuk tujuan politik yang berpotensi merusak kerukunan, keutuhan NKRI,”.

Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, memaparkan materinya mengatakan, kegiatan seperti ini dirasa penting untuk didiskusikan. Komisioner KPU Sumut divisi teknis itu juga memaparkan tugas-tugas dari lembaganya.”KPU hanya sebagai penyelenggara pemilu. Seleksi atau rekrutmen calon kepala daerah atau calon legeslatif itu ada pada partai politik (Parpol).  Porsi terbesar itu ada di Parpol tersebut sehingga kita harapkan menghadirkan calon yang memiliki integritas. Sehingga dengan itu pemilu ini Pemilu yang cerdas,” tambahnya.

Kapoldasu Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, juga menyampaikan, kami Kepolisian Daerah Sumatera Utara siap bergandengan tangan dengan seluruh masyarakat Sumatera Utara, agar pelaksaan Pemilukada di Sumut dapat berjalan dengan aman dan sukses. Melalui kegiatan diskusi publik “Pemilih Cerdas Hasilkan Sumut Berkualitas” kita berharap terutama pemilih pemula dan para akademisi, serta tokoh masyarakat dapat berperan aktif agar masyarakat ikut aktif dalam memilih sesuai pilihan masing-masing tanpa tekanan dan intimidasi. Saya setuju dengan pendapat pak Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom, tadi yaitu “semua warga selayaknya saling menghargai perbedaan pendapat dan tidak menimbulkan konflik sesama anak bangsa dalam pelaksanaan Pilkada nantinya”.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam materinya meminta, seluruh warga Indonesia termasuk di dalamnya penyelenggara serta peserta Pemilu itu harus memiliki integritas dan hindari politisasi transaksional. “Integritas itu penting. Maka dari itu kita harap masyarakat harus bersifat legaliter terhadap semua orang dalam pesta demokrasi ini,” katanya. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW