Close

" The Character Building University "

10 PRODI FAVORIT UNIMED JALUR SNMPTN 2018

Setelah resmi pendaftaran SNMPTN 2018 telah ditutup oleh Panitia Pusat pada 6 Maret 2018, terdata jumlah pendaftar Universitas Negeri Medan berjumlah 31.737. Pendaftar tersebut berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Dari jumlah pendaftar tersebut akan diambil secara objektif sesuai prosedur dan ketentuan dari Panitia Pusat melalui jalur SNMPTN ke Unimed 1500. Jumlah Program Studi yang menerima mahasiswa baru jalur SNMPTN Tahun 2018 berjumlah 48 Prodi. Terlihat begitu ketatnya persaingan untuk bisa masuk menjadi mahasiswa baru di Unimed.  Jalur SNMPTN akan diumumkan oleh panitia pusat secara online pada 17 April 2018 melalui laman http://snmptn.ac.id.

Sepuluh Prodi favorit di Unimed jalur SNMPTN 2018 yang peminatnya terbanyak antara lain : 1) Prodi PGSD FIP dengan jumlah pendaftar 3161, 2) Prodi Manajemen FE, jumlah pendaftar 2083, 3) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS, jumlah pendaftar 1563, 4) Prodi Akuntansi FE, jumlah pendaftar 1465, 5) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS, jumlah pendaftar 1434, 6) Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling FIP, jumlah pendaftar 1346, 7) Prodi Pendidikan Matematika FMIPA, jumlah pendaftar 1344, 8) Prodi Pendidikan Biologi FMIPA, jumlah pendaftar 1332, 9) Prodi Administrasi Perkantoran FE, jumlah pendaftar 880, dan 10) Prodi Pendidikan Geografi FIS, jumlah pendaftar 873.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP Unimed setiap tahunnya tercatat sebagai prodi favorit melalui semua jalur penerimaan mahasiswa baru. Hal ini mengindikasikan banyak masyarakat yang berminat ingin kuliah di Prodi tersebut. Bisa jadi dilatarbelakangi oleh peluang kerja pada lulusan prodi PGSD yang menjanjikan, sehingga pendaftar mengejar untuk bisa masuk keprodi PGSD walau sangat ketat persaingannya.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dikantornya mengatakan, semua program studi di Unimed memiliki peminat yang cukup tinggi. Dari 48 Prodi yang dibuka melalui jalur SNMPTN terdata pendaftarnya cukup tinggi. Sedangkan setiap Prodi nya kita hanya menerima ± 50-100 mahasiswa baru. Memang ada lima Prodi dengan jumlah pendaftar terbanyak yang menjadi Prodi favorit bagi pendaftar jalur SNMPTN 2018, yakni : PGSD, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Akuntansi dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Lanjut Prof. Syawal, jumlah pendaftar terbanyak tersebut mengindikasikan prodi tersebut memang sangat diminati oleh masyarakat. Bisa jadi berkorelasi dengan peluang kerja setelah lulus nantinya. Kita Unimed akan terus menata segala lini untuk kemajuan Unimed menjadi universitas terbaik, bermutu dan berdaya saing. Upaya  kesungguhan dan keseriusan kita telah ada hasil gemilang dari sisi hasil visitasi akreditasi institusi Unimed sudah A, dan 48% akreditasi program studi juga sudah A dan tidak ada lagi Prodi yang akreditasinya C. Kita bersyukur dari sisi akreditasi institusi dan prodi kita telah sangat meningkat, kita targetkan tahun depan 80 % Prodi di Unimed sudah terakreditasi unggul, yakni A. Selain itu, kita juga telah menerapkan kurikulum berbasis KKNI disemua program studi sejak tahun 2016. Melalui kurikulum ini, kita berharap lulusan Unimed memiliki kompetensi yang dibutuhkan pada pasar kerja, sehingga mudah menyesuaikan serta bersinergi di tempat kerja lulusan nantinya. Kita juga sedang meningkatkan kerjasama pada semua instansi/lembaga yang kita arahkan dapat mendukung kemajuan Unimed dan memberikan akses semudah mungkin untuk lulusan kita dalam memperoleh pekerjaan yang terbaik bagi mereka. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW