Close

" The Character Building University "

PHBI Unimed Aktif Galakkan Subuh Berjama’ah dan Pengajian

Medan – Ratusan jamaah memadati masjid kampus Baiturrahman Universitas Negeri Medan (Unimed) Pasar V Medan Estate guna melaksanakan ibadah shalat Subuh berjamaah, dilanjutkan pengajian dan sarapan pagi bersama-sama. Hari ini, minggu (25/2) merupakan pelaksanaan kegiatan subuh berjamaah dan pengajian dengan panitia pelaksana FIK Unimed. Hadir Ketua PHBI Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd, Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd, para dekan, wakil dekan FIK dan ratusan dosen, pegawai dan mahasiswa Unimed.

 Shalat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan pengajian dan sarapan pagi bersama sudah digelar oleh PHBI Unimed ± 1 tahun berjalan setelah dilantiknya kepengurusan PHBI Unimed yang baru. Pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara bergantian antar PHBI Fakultas dilingkungan Unimed.

Prof. Syaiful Sagala, selaku ketua PHBI Unimed dalam sambutannya mengatakan, gerakan shalat subuh berjamaah ini merupakan hasil mufakat bersama antar pengurus PHBI dilingkungan Unimed dan juga atas masukan Bapak Rektor dan pimpinan Unimed lainnya.  Adanya kegiatan seperti ini di kampus Unimed karena kita ingin memberi bekal kecerdasan spiritual kepada kita semua civitas Unimed yang kita harapkan nantinya dapat menjadi bekal dan menguatkan kita bersama untuk menjadi pribadi yang bijak, intelek dan peduli antar sesama. Subuh berjamaah dan pengajian ini kita harapkan menjadi wadah bagi kita untuk memperkuat silaturahim antar kita civitas Unimed dan menguatkan kesalehan diri dan kepedulian antar sesama. Jika seluruh kita saling bahu-membahu dan memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap rumah kita Unimed ini pastinya akan lahir ide-ide cerdas kita untuk memajukan bersama kampus tercinta kita.

Sejalan dekan itu, Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd, dalam sambutannya juga mengapresiasi panitia pelaksanana dari FIK ini yang telah merancang kegiatan subuh berjamaah dan pengajian ini dengan baik. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran kita bersama. Terlihat bulan demi bulan kegiatan ini terus mengalami kemajuan dari sisi jumlah jamaahnya. Kita bersyukur dan berharap bulan depan akan lebih meningkatkat lagi. Tindak hanya meningkat dari sisi fisik, kita berharap kegiatan baik ini juga dapat terus kita gelorakan untuk mendukung terwujudnya kampus the character  building university, karena salah satu wujud hasil dari keberhasilan kita melaksanakan subuh berjamaah dan pengajian ini adalah terbentuknya karakter diri yang mulia, selain ketaqwaan diri meningkat kepada Allah SWT. Jika seluruh dosen dan pegawai Unimed memiliki karakter yang mulia, pastinya akan menularkan kebaikan tersebut dalam aktivitas akademik bersama mahasiswa. Kita pimpinan hanya menekankan bahwa gerakan shalat subuh berjamaah di masjid kampus Unimed yang digelar PHBI ini hanya anjuran, bukan mewajibkan. Kita hanya mengharapkan keberkahan yang melimpah jika jamaah yang hadir bisa sebanyak shalat Jumat.

Al Ustz H. Mara Jaksa Harahap, MA, dalam pengajiannya menyampaikan, agar kita sebagai umat beragama dapat meraih keberkahan dan kebahagian hidup kuncinya hanya 3 hal yaitu ; 1) selalu mendekatkan diri kepada Allah dalam segala ibadah wajib dan Sunnah untuk meraih ketaqwaan. 2) selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat dan meninggalkan aktivitas yang sia-sia, dan 3) berbuat baik antar sesama dan mau berbagi dalam wujud infaq dan shodaqoh. Jika kita konsisten dan komitmen melakukan tiga hal tersebut pasti ada perubahan hidup kita dan keluarga menjadi insan yang memperoleh hidup tenang dan bahagia hingga akhir hayat. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW