Close

" The Character Building University "

Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Olimpiade MIPA 2018 tingkat Unimed

Medan – Universitas Negeri Medan  menggelar Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Perguruan Tinggi 2018 tingkat Univesitas Negeri Medan di Auditorium Unimed hari Sabtu (24/2/2018). Olimpiade digelar untuk mencari bibit-bibit terbaik dari mahasiswa Unimed yang disaring menjadi 7 peserta  untuk dikirimkan ke Olimpiade Nasional MIPA tahap dua tingkat wilayah yang akan dilaksanakan 21-22 Maret 2018. Selanjutnya peserta yang terpilih dari masing-masing kategori nantinya akan mewakili Unimed untuk mengikuti ajang Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti.

ON MIPA PT tingkat Unimed diikuti oleh ratusan mahasiswa FMIPA dan FT dengan rincian 109 peserta untuk kategori Matematika, 103 peserta untuk kategori Biologi, 44 peserta untuk kategori Kimia, dan 98 peserta untuk kategori Fisika. Dalam acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III yang diwakili oleh Wakil Dekan III FMIPA Drs. M. Yusuf Nasution, M.Si., Wakil Dekan III FT, fungsionaris FMIPA, Staff Ahli Wakil Rektor III, Dosen, Kepala Bagian, kepala subbagian, staff Kantor Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, serta seluruh peserta yang mengikuti olimpiade.

Tri Andri Hutapea selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan ON MIPA Perguruan Tinggi selalu dilaksanakan tiap tahunnya oleh BELMAWA Ristekdikti tahun ini ON MIPA PT tingkat Unimed diikuti 354 peserta nantinya mereka akan bersaing dan akan dipilih 7 peserta tiap bidangnya untuk dikirim ke tingkat wilayah setelah itu dikirim ke tingkat nasional.

M. Yusuf mewakili Wakil Rektor II dalam pembukannya mengatakan ajang ini menjadi kesempatan yang tepat untuk menumbuhkembangkan semangat berkompetisi dan berprestasi antar mahasiswa. “melalui ajang ini adik-adik dapat melihat dan membuktikan sejauh mana ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dalam bidang MIPA” ujar Wakil Dekan III FMIPA.

Lanjut Wakil Dekan III FMIPA mengatakan “tahun lalu kita telah mendapatkan 2 juara tingkat nasional di kategori Fisika dan Biologi dan mudah-mudahan kita tahun ini mendapat 4 juara tingkat nasional di semua bidang” ungkapnya.

Menurut M. Yusuf ajang ini selain untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan mahasiswa ajang ini juga menjadi acuan bagi para dosen untuk mengevaluasi sejauh mana sistem pengajaran yang diberikan saat di kelas kepada mahasiswa dimana letak kekurangannya sehingga nantinya bisa lebih baik dan dapat terus meningkatkan prestasi mahasiswa ditingkat nasional.

“Mari sama-sama kita tunjukkan kesungguhan kita dan kemauan keras kita supaya Unimed dapat terus mendapatkan prestasi di tingkat nasional” ujar M. Yusuf Wakil Dekan III FMIPA.

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW