Profesor pada bidang Psikologi dan Bimbingan Konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed. Dr. Sri Milfayetty.,M.S.Kons.S,Psi menempuh Pendidikan S1 di Bidang Ilmu Bimbingan Konseling di IKIP Medan (1984). Pendidikan S2 di Jurusan Psikologi Universitas Padjadjaran Bandung (1990), kemudian mengambil Pendidikan S1 kembali di Universitas Medan Area jurusan Psikologi (2006) dan melanjutkan Pendidikan S3 jurusan Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta (2010).
Pengalaman dalam penelitian antara lain Mengentaskan masalah belajar dengan Genius Learning. Kolaborasi Konselor, guru dan kepala sekolah (2004), Pelayanan Bimbingan Bermutu di SD Negeri 064979. Kolaborasi Konselor, guru dan kepala sekolah serta pengawas. DIKTI (2004), Model networking dalam manajemen bimbingan konseling di SMA Kodya Medan (2009), Integrasi pengembangan karakater pada mata kuliah asesmen psikologis (2011), Model Inovasi Layanan di Konseling Centre untuk Memperkuat Kolaborasi Konselor Mengentaskan Masalah Karakter Siswa Sekolah Lanjutan Kabupaten Deli Serdang 92015), dan Analisis Keefektifan Terapi Bermain dalam Pengentasan Masalah Emosi, Sosial, Pengaturan Diri, Hiperaktifitas (2016).
Pengalaman dalam pengabdian kepada masyarakat diantaranya Tim Instruktur dengan topik Kecerdasan Emosi dalam Pemberdayaan DPRD Se Sumatera Utara Kerjasama FISIPOL USU dengan USAID sebanyak 7 angkatan @ 50 orang angkatan di Prapat (SUMUT) tahun 2000, TIM Instruktur Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Good Governance Badan diklat Propinsi Sumatera Utara (2003), Instruktur dengan topik Pengembangan Kepribadian IESQ pada Diklat Pelatihan calon kepala SD/SMP/SMA/SMK Kota Medan yang diselenggarakan (2011), Penatar dengan topik Pengembangan Diri Mahasiswa dan Konseling dalam Penguatan Kompetensi Pembimbing Akademis (PA) PT Non LPTK se Indonesia untuk 4 angkatan @ 100 orang (Cisarua, Jawa Barat) tahun 2006, Pengembangan Pembelajaran yang komunikatif untuk Anak Usia Dini (2014) dan Ipteks Bagi Inovasi Kreativitas Kampus, IbIKK Unit Usaha Counseling Center Unimed (2016).
Pengalaman dalam penulisan artikel ilmiah dalam jurnal antara lain dengan judul Esensi Pendidikan (Penembangan Karakter Guru) dan Model Networking dalam Manajemen Konseling pada Tabularasa Jurnal Pendidikan PPs Unimed (2008), Pengaruh Kebutuhan Transendensi, Kesadaran Berorganisasi, Kejelasan Peran dan Pencapaian Tujuan pada Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan (2010), Model Pengembangan Komitmen Normatif Guru, Cerdas Spiritual, Habitual Pedagogis, Mind set Ilmiah dan Kompetensi Abiliti pada Educandum Jurnal Manajemen Pendidikan PPs Unimed-ISMAPI SU (2011), Networking Model di Management Counseling Annual Proceedings of Selected Papers on the Practice of Educational Communications and Technology Presented at the Annual Convention of the Association for Educational Communications and Technology (33rd, Anaheim, California, 2010). Volume 2 pada Education Resources Information Centre, The Integration os soft skill and hard skill in learning revolution Proceedings in Educational Technology and Computer (ICETC) nd International Conference pada IEEE Explore and IEEE digital library, The Effectiveness of an Integrative Model of Sustainable Collaboration to Improve Counselor Proficiency in Alleviating Client Problems pada The Effectiveness of an Integrative Model of Sustainable Collaboration to Improve Counselor Proficiency in Alleviating Client Problems dan Path Analysis: Performance Model Of Senior High School In Medan City, North Sumatera Province – Indonesia pada International Journal of Education and Research (2015).
Selain penulisan jurnal profesor Sri Milfayetty juga berpengalaman dalam penyampaian makalah secara oral pada seminar ilmiah diantaranya dengan judul Dianetik sebagai model konseling trauma pada Workshop ABKIN Pusat (2005), Pendidikan Karakter Bangsa pada Seminar Nasional dan Pertemuan Pimpinan PPs LPTK si Indonesia (2010), The Integration of Soft skill and Hard skill in learning Revolution pada Internasional Education dan Computer (IECT) Conference di Sanghai, China (2010), Networking Model di Management Counseling pada The Annual Convention of the Association for Educational Communication and Technology (AECT) di Anaheim, Amerika (2010), The Integration of the Eight Keys of Success in Bilingual class ( Character Building in Student Development) pada International Comunication and worldclass education (ICWED) di Kuala Lumpur, Malaysia (2011), The Quality of Trancendence Character of Senior High School Teachers in North Sumatera pada EER (2013) di Singapura, dan Innovation Model in Counceling Centre at University to Strengthen Counselors Collaboration in Alleviating Students Problem at Elementary School pada 7th World Conference on Psychology, Counseling and Guidance, WCPCG-2016 28 – 30 April 2016 Pine Bay Holiday Resort, Kusadasi, Izmir-TURKEY (2016) dan Penggunaan Superhero dalam Konseling pada Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XIX Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia yang Diselenggarakan Oleh Pengurus ABKIN Kalsel bekerjasama dengan Unlam IAIN Antasari-Uniska MAB-Unaya di Banjarmasin (2016).
Buku-buku yang telah ditulis dan di terbitkan untuk pengajaran psikologi dan bimbingan konseling antara lain dengan judul Esensi Pendidikan IQ-EQ-SQ, Perspektif Ilmu Pendidikan Membentuk Kepribadian (2005), Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan diterbitkan pascasarjana Unimed (2008), Soft skill dalam revolusi belajar (2010), Psikologi Pendidikan, PPs Unimed (2009), Budi Pekerti Berbasis Budaya (2011), Enam Pilar Karakter (2014), International Counseling Conference and workshop in Counseling Centre Profesional Counselor Education Laboratory in The State University of Medan (2014) dan Education Graduate Regional Conference (2015).