Profesor pada bidang Pendidikan Kimia Fkultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam ini lahir di Karanganyar, 26 Januari 1966. Prof. Dr. Retno Dwi Suyanti,MSi menempuh Pendidikan S1 pada Jurusan Pendidikan Kimia di UNY Yogyakarta (1990), kemudian melanjutkan Pendidikan S2 Jurusan Kimia Fisik-Anorganik di Institut Teknologi Bandung (1997) dan melanjutkan Pendidikan S3 Jurusan Pendidikan IPA (Kimia) lulu pada tahun 2006.
Pengalaman dalam Penelitian pada bidang Ilmu Kimia antara lain dengan judul Efektifitas Kemas Rapat Geometri dalam mengatasi miskonsepsi Anorganik (2009), Pengaruh Praktikum multimedia Struktur atom dan Senyawa Karbon terhadap peningkatan hasil belajar (2011), Pengembangan Buku Ajar Kimia SMA/MA Kelas X sesuai kurikulum 2013 Melalui Inovasi Pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar (2013) dan Analisis Kemampuan Generik Kimia melalui Pengembangan Media Interaktif berbasis Miskonsepsi dalam Kimia (2014).
Pengalaman dalam penulisan artikel dalam jurnal ilmiah pada bidang IPA dan Kimia antara lain dengan judul Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pembelajaran IPA terpadu pada UIN Syarif Hidayatulah Prosiding semnas Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jakarta (2010), Application of Visual Media on Inquiry Instructional Model for Teaching Buffer Solution pada Jurnal pendidikan Kimia (2010), The Using of moodle to improve students conceptual and practical chem online pada Proceeding international conference HKI and API North Sumatra (2010), Efektifitas Praktikum Multimedia Struktur Atom dalam mengatasi miskonsepsi Kimia Anorganik Mahasiswa pada Jurnal Pendidikan dan kebudayaan (2011), Analisis kandungan unsur N,C,P dan K pada pupuk bokashi pada Jurnal Sains Indonesia (2012), The Generic Abillity improved by interactive media based of collaborative learning in chemistry pada Proceeding International seminar on Trends in Science and science edu (2014), The implementation of inquiry strategy based on collaborative towards the students achievement in chemistry pada Prosiding Internasional seminar WALS (World Association Lesson Study) 2014, The Effectivity of Inquiry Strategy Based on Collaborative Learning towards the Students Achievement in Chemistry pada Journal of Modern Education (2015) dan The effectiveness of problem based learning model based on lesson study to increase student’s achievement and generic ability in chemistry pada Prosiding Internasional seminar Lesson study contribution to curriculum implementation at classroom level, Bali (2015).
Karya buku yang telah diterbitkan tentang Ilmu Kimia antara lain dengan judul Kimia Koordinasi (2008), Nobility of Teaching (2010), Strategi Pembelajaran Kimia (2010), Kimia Anorganik Logam (2010) dan Kimia Anorganik Non Logam (2014).