Close

" The Character Building University "

Prof. Dr. Hasratuddin, M.Pd.

Profesor di bidang Metematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimed Prof. Dr. Hasratuddin, M.Pd. lahir di Pasarmaan, 12 Desember 1963. Pendidikan S1 di Program Studi Pendidikan Matematika di IKIP Negeri Medan (1988). Pendidikan S2 di Program Studi yang sama di UNESA Surabaya (2002) dan pendidikan S3 di Program Studi yang sama juga di UPI Bandung (2010).

Pengalaman penelitian  antara lain Pengembangan Model Pembelajaran Geometri Berkarakter Berbasis Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis  dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNIMED (2011), Pengembangan Model Pembelajaran dan Buku Ajar Matematika Berbantuan ICT dan Berbasis Budaya Lokal dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis  dan Kecerdasan Emosional Siswa  SMP di Kota Medan (2012), Pengembangan Model Pembelajaran dan Buku Ajar Matematika Berbantuan ICT dan Berbasis Budaya Lokal dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis  dan Kecerdasan Emosional Siswa  SMP di Kota Medan (2013), Peningkatan Kemampuan Intusi Matematis Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNIMED (2015) dan Pengembangan Lintasan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Dan Kecerdasan Emosional Siswa Smp Se Kota Medan (2016).

Pengalam dalam pengabdian kepada masyarakat antara lain Pemetaan Kompetensi  Siswa dan Guru dalam Upaya Meningkakan Kemampuan Siswa dalam Menguasai Kompetensi Dasar Bidang Studi yang Di-UN-kan di SMA Kabupaten Tapanuli Utara Dan Humbahas (2011), Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru SMA Melalui Model Lesson Study Dan Studi Klinis Di Kabupaten Tapanuli Utara Dan Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara (2012), Penyaji pada Studium General Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FITK UIN-SU (2014), Moderator at the First Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education 2014 in Medan (2014),  Kordinator/Pengawas UN Tk SMA TP.2013/2014, Pengawas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014, Instruktur pada PRAKONDISI SM-3T UNIMED (2014), Wasit Kontes Literasi Matematika Berbasis PISA Tingkat Nasional di Yogyakarta (2015), Instruktur pada Pelatihan Lesson Study dan Mendesain Pembelajaran Berbsis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia bagi Guru SD dan SMP di Desa Binaan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Desa Tarjun, Kab. Kota Baru, Kalimantan Selatan (2016) dan Workshop Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Metodologi Pembelajaran Di FKIP Universitas Lampung, Bandar Lampung (2016).

Pengalaman sebagai penyaji makalah secara oral pada seminar ilmiah antara lain:

    1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Seminar Pendidikan Nasional (2011).
    2. Revolusi Pembelajaran Matematika Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Dalam Membangunkarakter (Charakter Building) pada Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Menyenangkan dan Berkarakter (2011).
    3. Improving  Student’s Emotional Intelligence By Mathematics Learning pada seminar The International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education di UNY Yogyakarta (2011).
    4. Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis ICT pada Seminar Nasional Teknologi Matematika di Universitas Haluoleo, Kendari (2012).
    5. Pembelajaran Berbasis ICT yang Berkarakter pada Seminar Nasional dan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Jurnal di Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar (2012).
    6. Implementasi  Pmr  Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Sains Implementasi  Pmr  Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Sains di FKIP Universitas Asahan (2013).
    7. Berpikir kritis dan kecerdasan emosional siswa melalui pembelajaran matematika pada “Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V di Universitas Negeri Malang (2013).
    8. Pembelajaran Matematika untuk semua pada Kontes Literasi Matematika III dan Semiloka Nasional Berbasis PISA Wilayah Sumatera Utara (2013).
    9. Pembelajaran PMRI dapat meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa pada Work shop Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Yogyakarta (2013).
    10. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa (2013).
    11. Pembelajaran Matematika Dalam Membangun Karakter Bangsa pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di STAIN Padang Sidempuan (2013).
    12. Pembelajaran Inovatif Untuk Membangun Karakter Bangsa pada Seminar Nasional Membangun Pendidikan Profesional di Balige (2013).
    13. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika pada Pelatihan Pendidikan Pembelajaran Matematika di Dinas Pendidikan MADINA (2013).
    14. Pengembangan Profesi Pendidik menuju PTN siswa/I SMAN 2 Blangkejeren, Aceh pada Kegiatan Pengembangan Profesi Pendidik dan tenaga kependidikan (2014).
    15. Revolusi Pembelajaran Matematika Abad XXI Dalam Membangun Karakter Bangsa (Nation Charakter Building) pada Orasi Ilmiah Disajikan pada Judisium Pascasarjana Universitas Negeri Medan (2014).
    16. Mengapa Harus Belajar Matematika? pada Studium General di FKIP UIR (2014).
    17. Pembelajaran Matematika Abad XXI Dalam Membangun Karakter Bangsaan pada Seminar Nasional Pendidika Matematika (2014).
    18. Bahan Ajr/Modul Pembeljaran Dosen Tarbiyah STAIN Malikussalae Lhokseumawe pada pengembangan Bahan Ajar/Modul (2014).
    19. Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya L okal Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa pada Seminar Nasional Forum Pimpinan Pascasarjana LPTK Indonesia di Hotel Grand Bali Beach Sanur – Bali (2014).
    20. Pembelajaran Matematika Sekarang dan Yang Akan Datang pada Seminar Nasional dan Workshop Keilmuan Dosen Rumpun Ilmu Matematika
      Di IAIN Padangsidempuan. (2014).
    21. Pembelajaran Matematika Berkarakter Islami pada Studium General Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FITK IAIN-SU (2014).
    22. Mathematics Learning Now And Will Come pada International Seminar On Inovation In Mthematics And Mathematics Education di Yogyakarta (2014).
    23. Pembelajaran matematika dalam Membentuk Karakter Bangsa pada Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat di Pontianak (2015).
    24. Mengembangkan Kreativitas Guru Matematika Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean pada Seminar Prodi Pendidikan Matematika FKIP HKBP Nomensen Medan (2015).
    25. Implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam pembelajaran Matematika Berbasis Sain pada Pelatihan Lesson Study dan Mendesain Pembelajaran Berbsis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia bagi Guru SD dan SMP di Desa Binaan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Desa Tarjun, Kab. Kota Baru, Kalimantan Selatan (2016).
    26. Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik pada Seminar Guru-guru matematika seKota Baru Banjarmasin (2016).
    27. Metode Pembelajaran Sekarang dan Yang akan Datang di FKIP Universitas Lampung, BANDAR LAMPUNG (2016).

Pengalaman dalam artikel ilmiah pada jurnal antara lain Revolusi Pembelajaran Matematika Berbasis Information And Communication Technology (ICT) dalam Membangunkarakter (Charakter Building), Prosiding Seminar Nasional (2011), Improving  Student’s Emotional Intelligence By Mathematics Learning, Proceding the International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education (2011), Critical Thinking Skills in Realistic Mathematics Education, Prosiding International Seminar on Elementary Education Improving the Quality of Elementary Education to Build a Better Future Generation’s Character (2011), Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP, Jurnal Pendidikan & Pembelajaran. Terakreditasi, Vol. 19 (2012), Implemenasi Pendekatan Matematika Realistik dalam Pembelajaran Berbasis Sains, Jurnal Mathematics Paedagogic, Vol. III (2014), Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa-Bangsa, Prosiding Seminar Nasional Forum Pascasarjana LPTKN Se-Indonesia di Bali (2014), Mathematics Learning Now And Will Come, Proceeding International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education. Nov 26-30, in Yogyakarta (2014), dan Karya Tulis  Ilmiah, Menulis prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Berbasis PISA.

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW