Close

" The Character Building University "

Kemenristekdikti Desain PPG 2018 di UNIMED

MEDAN (Unimed) – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Review Capaian Pembelajaran Program PPG Tahun 2017 dan Penentuan Kelulusan Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa Program PPG Tahun 2018. PGD ini sebagai upaya persiapan pelaksanaan Program Pendidikan Guru (PPG) Reguler di Tahun 2018. FGD ini dilaksanakan di ruang rapat Digital Library Unimed pada selasa, 23 Januari 2018.

Tim pembahas yang diamanahkan oleh Dirjen Belmawa untuk mereview pelaksanaan PPG 2017 dan mendesain pelaksanaan PPG 2018 adalah : 1) Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Rektor Unimed), 2) Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. (Rektor UNY), 3) Paristiyanti Nurwardani, MP. (Direktur Pembelajaran Dirjen Belmawa), 4) Sri Renani Pantjastuti (Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Kemdikbud), 5) Totok Bintoro (UNJ), 6) Edi Mulyono (Kasubdit. Pendidikan Vokasi dan Profesi Dirjen Belmawa), 7) Dharnita Chandra (Kasubdit. Pengakuan Kualifikasi Dirjen Belmawa), 8) Eni Susanti (Kasi. Teknologi Pembelajaran Pendidikan Vokasi dan Profesi Dirjen Belmawa), 9) Didi Rustam (Kasi. Capaian Pembelajaran Dirjen Belmawa).

Ikut hadir sebagai pembahas : 1) Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, 2) Wakil Rektor II Dr. Restu, MS, 3) Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, 4) Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, 5) Prof. Dr. Abdul Murod, M.Pd, dan 6) Dra. Zuraidah Lubis, M.Pd.

Pemerintah melalui Kemristekdikti bersama Kemdikbud akan membuka pendaftaran calon mahasiswa baru program PPG Reguler di tahun 2018 ini. Di beberapa PTN, termasuk Unimed telah resmi memiliki Program Studi PPG. Unimed sejak akhir tahun 2017 yang lalu telah disetujui oleh Kemristekdikti usulan pembukaan program studi baru untuk program PPG reguler.

Paristiyanti Nurwardani, MP, usai rapat bersama dengan tim pembahas mengatakan, pemerintah melalui Kemristekdikti bersama Kemdikbud akan secara resmi membuka pendaftaran program PPG reguler di beberapa PTN mulai tahun ini, yang tahun-tahun sebelumnya program PPG ini baru diberikan bagi guru-guru alumni SM3T. Karena perintah undang-undang, kita pemerintah telah siap melaksanakan PPG reguler mulai tahun ini. Kami rapat di Unimed ini untuk merancang pelaksanaan PPG yang akan kita laksanakan tersebut.

“Kita tadi bersama tim pembahas telah mereview pelaksanaan PPG 2017 dan mendesain pelaksanaan PPG 2018. Alhamdulilah telah dihasilkan kesepakatan baru dalam FGD tadi dan akan kita jadikan desain pada pelaksanaan PPG 2018. Kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom, bersama para wakil rektor yang telah menjadi tim pembahas dan membantu pelaksanaan FGD ini dengan baik dan luar biasa sambutan dan membantu suksesnya diskusi ini. Alasan kami melaksanakan FGD ini di Unimed karena Prof. Syawal adalah Ketua Forum Rektor LPTK dan mantan Kepala BPSDMPK Kemdikbud yang konsen menangani peningkatan kualitas guru di Indonesia. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Prof. Sutisna Wibawa, Prof. Abdul Murad, ibu Zuraidah Lubis dan tim Dirjen Belmawa yang bersedia hadir.

Prof. Dr. Syawal Gultom, setelah usai FGD mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Belmawa Kemristekdikti yang telah memilih Unimed sebagai tempat pelaksanaan FGD ini. Kami sangat terbuka dan senang bisa memfasilitasi kegiatan baik ini dalam merancang pelaksanaan program PPG reguler tahun 2018. Apalagi program ini memiliki tujuan mulia yakni meningkatkan mutu dan kualitas guru di Indonesia. Hasil mufakat bersama tim pembahas dalam FGD tadi merupakan konsep yang ideal untuk diterapkan dalam pelaksanaan PPG di tahun 2018. Kita berharap program PPG reguler yang akan dilaksanakan oleh pemerintah mulai tahun ini akan berjalan secara optimal dan berhasil melahirkan guru-guru profesional yang memiliki komitmen dan rasa tanggungjawab dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga daya saing bangsa terus meningkat.

Seusai FGD, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama tim pembahas dan civitas Unimed dengan makan durian ucok di pelataran Digital Library Unimed. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW