Close

" The Character Building University "

UNIMED Menjadi Mitra KSP3 Nias

24/02/2017

MEDAN (Unimed) – Salah satu bentuk usaha yang selama ini dikenal pro rakyat dan mempunyai badan hukum di Indonesia adalah Koperasi. Koperasi memiliki sedikit perbedaan dibanding badan usaha lain seperti PT, CV, Firma atau Yayasan, di mana koperasi lebih terlihat dari sisi kekeluargaan dan gotong royong untuk saling membantu anggotanya demi kesejahteraan bersama sesuai prinsip dasar koperasi yang diatur dalam UU No 17 Tahun 2012. Pada praktiknya ada banyak macam koperasi, salah satu yang populer di masyarakat adalah Koperasi Simpan Pinjam.

Sesuai ketentuan dalam UU Koperasi, prinsip dasar koperasi simpan pinjam ini adalah memiliki anggota dengan sifat terbuka dan sukarela, dikelola secara mandiri dengan cara yang demokratis. Kekuasaan tertinggi ada pada Rapat Anggota. Keuntungan koperasi dalam bentuk Sisa Hasil Usaha (SHU) dibagi secara adil sesuai kesepakatan dalam Rapat Anggota. Koperasi simpan pinjam pun telah menjamur di masyarakat dengan berbagai jenis dan bentuk. Salah satunya yang ada di Nias, Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan (KSP3)berkedudukan di jalan Yos Sudarso No. 18 Saewe, Gunung Sitoli Nias,Sumatra utara.

KSP3 Nias 2

Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan (KSP3)Nias menggandeng Unimed untuk mendukung dan menjadi mitra KSP3 untuk pengembangan pedesaan (KSP3) di Nias. Dengan melakukan MoU di Gedung Biro Rektor Unimed. Nota kesepahaman itu ditandatangi oleh Rektor Unimed dan Ketua Umum KSP3 Nias.

Turut hadir menyaksikan kerjasama tersebut, WR I Prof. Dr. Hamid K. M.Pd., WR II Dr. Restu, MS., WRIII Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., WR IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., Dekan FIP Dr. Nasrun, MS., Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., dan Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd. dan dari Nias hadir Sekretaris Umum Fa’oli Waruwudan beberapa panitia  atau tim Nominasi Prerekrutan Pengurus, Pengawas KSP3 Nias dan jajaran pengurus Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan NiasPeriode 2017-2020.

Pada sambutannya, Ketua Umum KSP3Antonius Sudirman Zai mengatakan maksud tujuan kerjasama ini adalah untuk menjadikan Unimed sebagai mitra kami dalam pengembangan koperasi simpan pinjam pengembangan pedesaan nias dan hal lainnya yang mendukung  pelaksanaan tugas dan fungsi kedua belah pihak. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW