Close

" The Character Building University "

Ratusan Mahasiswa Ikuti Bimbingan Teknis PKM Menuju PIMNAS 2017

21/09/2016

Medan (Unimed) – Sebanyak 354 mahasiswa Unimed dan 156 dosen pembimbing antusias ikuti kegiatan Bimbingan Teknis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar oleh Wakil Rektor III di Digital Library Unimed pada 20-21 September 2016. Ke-510 mahasiswa yang berasal dari 7 fakultas ini merupakan mahasiswa yang telah memiliki menyusun Proposal PKM untuk diikutkan pada program hibah PKM yang setiap tahunnya digelar oleh Dirjen Belmawa Kemenristekditik RI. Panitia telah menghadirkan narasumber nasional yakni : 1). Prof. Intan Ahmad, Ph.D, (Dirjen Belmawa Kemristekdikdi), 2) Prof. Dr. rer nat. Sudani Nurono Soewandhi, M.Sc. (Dosen ITB), 3) Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Rektor Unimed), dan 4) Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, (Wakil Rektor III Unimed). Acara dibuka oleh Rektor Unimed, hadir juga para wakil rektor, dekan, wakil dekan dilingkungan Unimed.

Kegiatan inspiratif bagi mahasiswa Unimed ini mengangkat tema “Gali Ide Kreatifmu, Torehkan Prestasimu, Menuju PIMNAS 2017”. Ada lima bentuk PKM yang dikompetisikan dalam PIMNAS, diantaranya adalah : PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Karsacipta, PKM Pengebdian Masyarakat dan PKM Penerapan Teknologi. Ada 354 proposal PKM yang sudah dibuat oleh mahasiswa terkat kelima bentuk PKM tersebut. Sebaran proposal PKM yang telah disusun mahasiswa adalah : FMIPA 75, FT 62, FBS 58, FIS 58, FIK 27, FE64, dan FIP 10.

PKM

Prof. Sahat Siagian, selaku Wakil Rektor III dalam sambutannya mengatakan, peserta yang hadir dalam bimbingan teknik PKM ini merupakan mahasiswa yang telah berhasil menyusun proposal PKM dan didampingi oleh para dosen pembimbing. Secara terprogram para mahasiswa ini akan kita akan intensifkan dalam proses pembimbingan, sampai berhasil mengupload semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti hibah mahasiswa secara nasional ini. Kita sangat berharap 100 % dari proposal yang telah disusun oleh mahasiswa ini akan berhasil tembus ke PIMNAS ke-30 Tahun 2017 yang akan digelar di Unhas Makassar. Kegiatan Bimbingan Teknik PKM dengan menghadirkan ilmuwan yang aktif dan menguasai konsep PKM di pusat, yakni kita hadirkan Prof. Intan Ahmad (Dirjen Belmawa) dan Prof. Sudani Nurono (Dosen ITB). Semoda kegiatan ini dapat memacu dosen dan mahasiswa untuk berhasil tembus PKM dan PIMNAS di tahun depan.

PKM Unimed

Prof. Syawal Gultom, dalam arahannya mengatakan, Unimed harus punya target di PIMNAS tahun 2017 nanti. Sekarang kita telah memiliki 354 proposal yang telah disusun dan hasil bimbingan dari 156 dosen Unimed. Saya berharap 100 % dari proposal yang sudah jadi ini dapat kita dorong untuk tembus hibah PKM dan PIMNAS. Kita telah punya pengalaman bersejarah di tahun 2016 ini, karena ada 4 PKM mahasiswa kita yang tembus PIMNAS dan 2 PKM berhasil meraih medali emas. Prestasi ini menempatkan Unimed pada peringkat 10 besar Perguruan Tinggi di Indonesia yang ikut di ajang prestise tahunan ini.

Lanjut Prof. Syawal, saya mengajak para dosen pembimbing dan staf WR 3 lebih intens dan kontiniu dalam melakukan pembimbingan. Terutama tentang format, tata aturan, aplikasi online, kreativitas dan keunikan ide yang dituangkan dalam proposal. Mari kita gali kembali panduan yang dikeluarkan Dirjen Belmawa tentang panduan PKM. Jika kita ada kemauan, keseriusan dan kesungguhan pasti akan ada hasil yang akan kita dapatkan nantinya. Semoga Bimbingan Teknis ini dapat memotivasi dan menginspirasi para mahasiswa dan dosen pembimbing dalam mengupayakan menang hibah PKM dan tembus PIMNAS tahun 2017 di Makasar.

Erwin Suryadi, salah seorang mahasiswa FBS yang mengikuti Bimtek PKM ini merasa bersyukur bisa ikut sebagai peserta di kegiatan ini. Semoga paparan dari narasumber yang sangat menginspirasi ini dapat mendorong kami semua mahasiswa Unimed untuk memenangkan hibah PKM dan tembus PIMNAS di tahun 2017. Kami yakin mahasiswa Unimed pasti bisa menambah prestasi dapat merebut banyak medali emas di PIMNAS tahun depan. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW