Close

" The Character Building University "

Rektor Lepas 4241 Mahasiswa PPLT Tahun 2016

23/08/2016

Medan (Unimed) – Rektor Universitas Negeri Medan secara resmi melepas keberangkatan mahasiswaPPLT Tahun 2016 pada hari Selasa, 23 Agustus 2016 di Gedung Serbaguna Unimed. Acara pelepasan dan pemberangkatan mahasiswa PPLT ini dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Kasi SMK Dinas Provinsi Sumatera Utara Sagino, M.Pd, Wakil Rektor, Dekan, Dosen DPL, serta seluruh mahasiswayang akan melaksanakan PPLT yakni 4241 orang, mereka akan ditempatkan sekolah SD, SMP, SMA, MA dan SMK yang ada di 9 Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Utara.

Rancangan pelaksanaan PPLT tahun ini akan dilaksanakan hanya di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Namun melihat karakteristik Program Studi yang beragam di Unimed, menuntut pelaksanaan juga di daerah lain, yakni Tobasa, Langkat, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Humbang Hasundutan, Sibolga dan Binjai. Prodi yang karakteristik beragam tersebut adalah : Tata Boga, Tata Busana, Tata Rias, Teknik Bangunan, Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Tata Niaga, Administrasi Perkantoran dan Program Bilingual MIPA. Jika dilakukan di Kota Medan dan Deli Serdang, maka tidak akan maksimal proses dan hasilnya.

Proses PPLT tahun 2016 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini proses PPLT di lakukan dengan beberapa tapahan, diantaranya tahap awal para mahasiswa harus melakukan pengamatan PBM yang terjadi di kelas. Hasil pengamatan tersebut didiskusikan dengan dosen DPL untuk merancang proses PPLT di sekolah. Dosen DPL juga harus dosen satu bidang ilmu dengan mahasiswa, misalnya mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, maka dosen DPL nya harus dosen tetap pada Prodi Pendidikan Matematika. Kenapa harus di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang ?, agar proses pembimbingannya lebih terbimbing dan berjalan efektif, sehingga hasilnya akan lebih baik dari proses sebelumnya.

PPLT-Unimed-2016

PPLT mahasiswa Prodi Pendidikan Tahun 2016 di Unimed, melibatkan 356 dosen dari beberapa Prodi Kependidikan, sesuai mahasiswa yang ikut PPLT tahun ini. Sebaran peserta PPLT perfakultas adalah : FIPberjumlah 484, FBS berjumlah 750, FIS berjumlah 612, FMIPA berjumlah 810, FIK berjumlah 411, FTberjumlah 527, dan FE berjumlah 545, dan mahasiswa angkatan 2012 yang belum ikut PPLT berjumlah 57, jumlah total menjadi 4241 mahasiswa. Jumlah sekolah SD/SMP/SMA/MA/SMK yang menjadi lokasi PPLT adalah 441 sekolah yang tersebar dalam 9 Kab/Kota di Sumatera Utara. Mahasiswa akan melaksanakan PPLT ini selama 3 bulan, di mulai dari minggu ketiga bulan agustus hingga akhir november 2016.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, berharap agar seluruh mahasiswa yang melaksanakan PPLT didaerah penempatan nantinya dapat fokus dan menunjukkan pengetahuan, skill dan sikap yang telah anda miliki dari hasil proses perkuliahan di kampus. Saya yakin anda telah memiliki tiga kompetensi tersebut dengan baik, karena anda telah melalui proses akademik yang ketat. Tunjukkan bahwa anda sebagai mahasiswa Unimed yang memiliki pengetahuan, skill dan sikap yang baik. Saya berharap kehadiran anda disekolah nantinya menjadi penyegar dan penyemangat, serta membantu proses pembelajaran menjadi lebih hidup, sehingga mudah mencapai tujuan pembelajaran dalam setiap materi yang anda sampaikan dikelas. Bangunlah kedekatan emosional dengan para guru, pegawai dan seluruh siswa. Jagalah nama baik Unimed, tunjukkan prilaku yang santun, ramah dan bersahabat. Lakukan diskusi baik dengan para guru, pegawai dan semua pihak yang ada di sekolah, jangan hanya guru sesuai bidang ilmu anda saja, karena dengan itu semua, anda akan mendapatkan pengalaman yang akan menambah kompetensi anda.

Selain anda berusaha sukses di sekolah tempat PPLT, anda semua juga harus berupaya bisa berbaur dan bersosial dengan masyarakat setempat. Esensi dari PPLT ini sesungguhnya tidak hanya anda wujudkan dalam proses pendidikan disekolah, akan tetapi juga mampu bersosial dengan masyarakat. Satu indikator keberhasilan adalah anda sukses juga bermasyarakat dalam mewujudkan pengetahuan, skill dan sikap sebagai orang berpendidikan, ujar Prof. Syawal.

Sementara Kasi SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Bapak Sagino, M.Pd. mengatakan kami Dinas Pendidikan SUMUT siap membantu dan mendukung terlaksananya PPLT Unimed. Kami sudah kordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dikabupaten/kota yang menjadi penempatan mahasiswa Unimed PPLT. PPLT ini merupakan kegiatan positif dan baik yang akan banyak membantu sekolah dalam mengembangkan dan meningkatkan proses pendidikan. PPLT menjadi suatu latihan untuk menerapkan teori yang diperoleh melalui bangku perkuliahan. PPLT ini pastinya akan membentuk mahasiswa menjadi calon guru yang profesional. Kami berharap PPLT Unimed akan bermanfaat bagi sekolah yakni : a) dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan disekolah, dan b) dapat memberikan masukan kepada sekolah atas hal-hal atau ide-ide baru dalam perencanaan program pendidikan yang membangun kemajuan dan prestasi siswa.

Sementara Kepala UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, dalam laporanya mengatakan kita telah melakukan kordinasi secara efektif dengan Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Utara dan Dinas Pendidikan dikabupaten/kota yang menjadi tujuan mahasiswa PPLT. Secara internal kita juga telah menetapkan masing-masing dosen dosen DPL yang akan menjadi pembimbing aktif mahasiswa dalam melaksanakan PPLT. Saya berharap seluruh mahasiswa PPLT Unimed bisa terus berkordinasi dengan dosen DPL atas semua masalah yang anda hadapi dilapangan. Kita akan sahuti dengan cepat jika ada kendala yang menghambat proses PPLT ini dengan baik. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW