Close

" The Character Building University "

UNIMED Peringkat 10 Besar PIMNAS Ke-29 Di IPB Bogor

12/08/2016

Bogor – Ditengah-tengah kesibukan kampus dalam mempersiapkan kegiatan PAMB, Peringatan HUT RI Ke-71, dan Perkuliahan Semester Gasal 2016/2017, Civitas Unimed memperoleh kabar yang luar biasa membanggakan, karena Tim PIMNAS Unimed meraih Juara 10 Besar di acara PIMNAS ke-29 di IPB Bogor. Unimed meraih 2 Medali Emas dari 4 Tim yang mengikuti Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX 2016, di IPB Bogor yang digelar sejak 8-11 Agustus 2016. Ada 145 Perguruan Tinggi di Indonesia yang lolos dan berhak mengikuti PIMNAS ini, dan ada 440 Tim Program Kreativitas Mahasiswa PKM yang berkompetisi secara nasional. Pimnas tersebut terbagi dalam beberapa bidang PKM yakni penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan ilmiah. Selain itu ada juga PKM Artikel Ilmiah dan PKM Gagasan Tertulis.

Panitia PIMNAS Ke-29 telah mengumumkan Perguruan Tinggi mana yang berhasil meraih prestasi sebagai juara. Juara umum di raih oleh Universitas Brawijaya, disusul oleh UGM, UNAIR, ITS, ITB, UNUD, IPB, UNDIP, UNIMED, UMI, UM, UNNES, UII, dan UNY. Dari pengumuman yang dikeluarkan panitia tersebut, UNIMED berhasil meraih prestasi sebagai peringkat 10 besar PIMNAS ke-29 di IPB Bogor.

Selama 4 tahun terakhir, Unimed belum berhasil meloloskan mahasiswa pada pegelaran PIMNAS yang dilaksanakan oleh Kemristekdikti setiap tahunnya. Pada tahun 2016 ini Unimed berhasil meloloskan 4 Tim PKM yang mengikuti PIMNAS di IPB Bogor. Dari 4 Tim tersebut, seluruh civitas Unimed bersyukur dan bangga karena 2 Tim Unimed berhasil meraih Medali Emas. Keberhasilan prestasi yang membanggakan ini merupakan buah hasil karya dari proses akademik, pembimbingan yang dilakukan oleh tim dosenpembimbing dan dorongan pimpinan Unimed.

Dua Tim Unimed yang meraih Medali Emas adalah 1) PKM Penelitian Sosial Humaniora dari FBS dengan Judul “Penelitian Pemerolehan Bahasa Anak di Daerah Multibahasa” dan berhasil meraih Juara 1 Poster, dengan anggota ; Nena Ika Sitanggang, Fitri Anggraini Lubis, dan Shinta Situngkir, serta dosenpembimbing Dr. Arnita, M.Si,  2) PKM Pengabdian kepada Masyarakat dari FMIPA dengan Judul Training Eceng Gondok Tidak Membuat Gondok Danau Toba di Desa Naburahan Limbong Kabupaten Samosir, dengan anggota tim ; Ruth Fika Ronauli Simbolon, Warmi Hartati Sitanggang, Jon Berghauser Aritonang dengan dosen pembimbing Dr. Rita Juliani, S.Si., M.Si.

Prof. Dr. Sahat Siagian, selaku Wakil Rektor III yang ikut menyaksikan keharuan peserta Tim PIMNAS Unimed di arena pengumuman pemenang mengatakan, saya dan tim pendamping merasa bergetar jiwa kami pada saat mendengat nama Unimed dipanggil sebagai peraih Medali Emas. Puji Tuhan dua kali nama Unimed dipanggil sebagai juara, dan Unimed berhasil di daulat sebagai juara ke-10 dari 145 Perguruan Tinggi dan 440 Tim yang berperan sebagai peserta PIMNAS ke-29. Semoga prestasi membanggakan bagi warga civitas Unimed ini terus dapat memacu seluruh mahasiswa Unimed untuk terus berprestasi, kreatif dan maju. Kita melalui kantor wakil rektor III Unimed akan terus berkomitmen memberikan fasilitas dan dukungan kegiatan agar mahasiswa Unimed tahun depan bisa merebut sebagai juara umum.

Prof. Syawal Gultom, selaku Rektor Unimed dikantornya juga merasa bangga dan terharu pada saat dapat kabar tim PIMNAS Unimed meraih 2 Medali Emas. Rasa bangga dan terharu ini karena prestasi ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi civitas Unimed di kanca pagelaran mahasiswa secara nasional. Dua tim mahasiswa dan dosen pendamping yang meraih medali emas ini harus kita beri apresiasi secara baik, karena telah berhasil mengharumkan Unimed di PIMNAS dan berhasil menyisihkan 440 tim dari 145 perguruan Tinggi di Indonesia. Semoga prestasi membanggakan ini dapat memacu seluruh mahasiswa Unimed untuk lebih berprestasi di PIMNAS tahun depan.

Salah seorang tim Nena Ika Sitanggang mengatakan, “kami persembahkan Medali Emas ini buat Unimed kampus tercinta kami, semoga Unimed terus maju dan membanggakan warga Sumatera Utara. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dosen pembimbing dan tim offisial PIMNAS Unimed yang telah banyak memberikan dorongan dan motivasi, sehingga kami berhasil mempersembahkan medali emas ini”. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW