Close

" The Character Building University "

Tampilan Tari UNIMED Pukau Ribuan Penonton IMT-GT 2016 di Thailand

29/07/2016

Thailand – Penampilan grup tari mahasiswa Universitas Negeri Medan yang mengikuti kegiatan IMT-GT Varsity Carnival ke-18 di Rajamangala University of Technology Srivijaya, Songkhla, Thailand mendapat sambutan yang meriah dari  penonton. Dari dua kali penampilan, yakni pada malam pembukaan, Selasa (26/7), dan Cultural Activity, Kamis (28/7), tarian yang mereka bawakan selalu memukau hadirin dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Dihadapan Presiden Dewan IMT-GT Varsity, Prof. Dato’ Dr. Adnan Hussein, dan ribuan undangan lainnya, para penari mahasiswa Pendidikan Seni Tari Unimed itu menampilkan tari Geol Jebrak. Sedangkan pada acara Cultural Activity, mereka menampilkan tarian drama yang digali dari budaya Indonesia.

Menurut salah satu pengarah grup tari, Iskandar Muda, S.Pd. M.Sn.,(dosen Seni Tari FBS) pemilihan tari geol bukan tanpa alasan. Menurutnya, tari Geol Jebrak dipilih karena mulai hilang dari masyarakat kita. “Kalau kita lihat di daerah kita, sudah tidak ada lagi pagelaran tarian seperti ini yang ditampilkan pada acara-acara pernikahan, gebyar masyarakat atau acara sosial lainnya. Sudah digantikan dengan keyboard”, katanya.

“Kita ingin mempertahankan salah satu seni budaya kita ini, yaitu dengan memperkenalkannya kembali di negara sendiri dan di rantau (luar negeri-red). Bahkan kita akan tampil di Hongaria pada Agustus nanti, untuk memperkenalkan karya budaya Indonesia di luar negeri”, ungkapnya.

Koreografer lainnya, Martozet, M.A., (Dosen Seni Tari FBS) mengungkapkan tarian yang mereka tampilkan sedikit dimodifikasi agar mudah diterima masyarakat modern, namun tanpa menghilangkan nilai dasarnya. Dia juga mengkoreo tiga tarian untuk ditampilkan pada IMT-GT Varsity Carnival 2016.

IMT-GT ST

Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd yang mendampingi delegasi IMT-GT Unimed merasa bangga pada penampilan tersebut. Menurut Sahat, mereka telah mengharumkan seni budaya Indonesia di luar negeri. Kantor Wakil Rektor III juga akan terus mensupport mahasiswa Unimed untuk terus berprestasi di tingkat nasional dan internasional. “Kita berharap tampilan tari tradisional mahasiswa Pendidikan Seni Tari FBS Unimed ini dapat terus mencitrakan positif dan penuh karya masyarakat Indonesia di mata dunia internasional. Selain itu mereka ini mudah-mudahan dapat memotivasi diri dan mahasiswa lain untuk lebih berprestasi dan berupaya terus berkarya untuk Unimed dan Indonesia. Yakinlah jika para mahasiswa terus berprestasi, pasti akan ada perhatian lebih dari pimpinan. Tidak mungkin mahasiswa berprestasi, membawa nama baik universitas, tapi tidak ada perhatian untuk mereka. Belajarlah dengan giat, dan kejar prestasi setinggi mungkin”, katanya.

Salah seorang mahasiswa dari Malaysia, Ramlan Safuan, mengatakan penampilan tari mahasiswa Unimed sangat bagus. “Selain kompak, pakaian mereka juga cantik“, katanya.

Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival adalah acara tahunan yang digelar secara bergiliran antara perguruan tinggi yang tergabung dalam IMT-GT. Karnival ini bertujuan mempererat hubungan antar negara anggota melalui bidang budaya, olahraga, dan seminar ilmiah. Acara internasional ini di gelar pada 25 – 31 Juli 2016 di Rajamangala University of Technology Srivijaya, Songkhla, Thailand. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW