Close

" The Character Building University "

UNIMED Utus Mahasiswa Lakukan KUKERTA Di SUMUT & RIAU

20/07/2016

Medan – UPPL Unimed gelar Pembekalan dan Pemberangkatan 37 orang mahasiswa yang berasal dari sejumlah program studi dilingkungan Unimed untuk mengikuti kuliah kerja nyata (Kukerta) yang akan digelar di beberapa daerah diwilayah Sumatera Utara dan Riau. Pembekalan digelar selama 2 hari penuh 18-19 Juli 2016 di ruang sidang biro rektor Unimed. Kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa nantinya siap melaksanakan tugas di lapangan dan bisa berbaur dgn masyarakat sebaik munkin. Kegiatan KUKERTA mulai dari  21 Juli – 5 Agustus 2016 yang tersebar di Sumatera Utara dan Riau.

Kegiatan KUKERTA ini merupakan kegiatan pusat yang melibatkan berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kegiatan ini digelar sebagai upaya pemerintah dengan melibatkan perguruan tinggi dalam membantu masyarakat dalam berbagai hal, baik kegiatan sosial kemasyarakat, kepemudaan dan pendidikan.

Adapun pembekalan materi yang diberikan antara lain; Penyusunan Rencana Program KUKERTA, Mencegah Generasi Muda dari Bahaya Narkoba, Gerakan KB Nasional untuk Generasi Sejahtera, Pertanian Berkelanjutan dan Pariwisata, Pentingnya KKN bagi Masyarakat, dan Penyusunan Program dan Laporan KUKERTA.

Dalam pembekalan tersebut, turut hadir AKBP S. Sinuhaji dari perwakilan BNN, Kabid Pelatihan dan pengembangan perwakilan BKKBN Sumut Dra. T. Lavalinda, M.Pd., yang menyampaikan Gerakan KB Nasional untuk Generasi Sejahtera. Dosen FMIPA Dr. Tumiur Gultom, M.P. menyampaikan materi pertanian berkelanjutan dan pariwisata, dan Kepala UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, dan Sekretaris UPPL Dr. Irsan Rangkuti, M.Pd, yang menyampaikan Penyusunan Rencana Program dan Laporan KUKERTA.

Pelepasan KUKERTA dilakukan oleh WR I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, didampingi WR IV Prof. Manihar Siagian, M.Sc. Ph.D. bersama ketua UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd dan jajarannya.

Prof. Dr. Abdul Hamid K, dalam sambutannya mengatakan, agar mahasiswa dapat melaksanakan kuliah kerja nyata dilapangan dengan sebaik-baiknya, dapat memberikan dampak manfaat positif bagi lingkungan, mengharumkan dan menjaga nama baik almamater dan dapat mengembangkan ilmunya dengan baik. Di awal kegiatan, lakukanlah pendekatan dan berbaurlah sebaik munkin dengan masyarakat dimana saudara ditempatkan. Sesungguhnya kegiatan KUKERTA ini menjadi wujud nyata dari perkuliahan itu sendiri, karena mahasiswa dapat langsung merealisasikan ilmu dan skill nya kepada masyarakat.

Kemudian beliau juga berpesan agar mahasiswa yang mengikuti KUKERTA dapat menjaga kesehatan dan kondisi fisik agar sehat dan tetap prima. Sehingga pulang juga dalam keadaaan sehat bugar dan setelah pulang dapat mengembangkan ilmu dan pengalaman di masyarakat kedalam dunia pendidikan, lanjut beliau.

Kepala UPPL Prof. Pargaulan Siagian juga berpesan agar mahasiswa yang ikut program ini dapat terus menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam tim di masyarakat nantinya. Dalam satu tim bisa saja akan bersama dari berbagai universitas, artinya akan ada teman baru. Oleh karena itu bangun kepercayaan dan komitmen bahwa kita mampu melaksanakan yang terbaik diberbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam KUKERTA nantinya. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW