Close

" The Character Building University "

PRODI P. MM, IKOR, P. ANTRO UNIMED Optimis Raih Akreditasi “A”

09/06/2016

Medan (Unimed) – Program Studi Ilmu Keolahragaan FIK Unimed diakreditasi oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) pada kamis-sabtu, 9-11 Juni 2016. Nama Tim Asesor yang melakukan asesmen lapang terhadap borang dan evaluasi diri Prodi Ilmu Keolahragaan adalah 1) Dr. Woro Sri Hastuti, M.Pd. dari UNY Yogyakarta dan 2) Dr. Syahruddin, M.Kes. dari UNM Makassar. Selain menganalisis borang dan evaluasi diri, tim asesor BAN-PT juga mengecek semua dokumen terkait, melakukan wawancara langsung kepada dosenmahasiswa, stakeholders dan lulusan.

Tiga hari yang lalu, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Unimed juga telah dilakukan visitasi oleh tim asesor BAN-PT, tepatnya pada jum’at-minggu, 3-5 Juni 2016. Nama asesor yang malakukan asesmen lapang yakni : 1) Prof. Dr. Suyono, M.Si, dari UNJ Jakarta, dan 2) Dr. Purhadi, M.Sc. dari ITS Surabaya.

Kemudian pada Prodi Pendidikan Antropologi FIS Unimed juga akan dilakukan visitasi oleh tim asesor BAN-PT pada 10-11 Juni 2016 dengan asesor Prof. Dr. Laurentius Dyson P, MA, dari UNAIR Surabaya, dan 2) Dr. Umasih, M.Hum, dari UNJ Jakarta.

Sebelum proses visitasi ketiga Prodi tersebut dilaksanakan, masing-masing asesor BAN-PT disambut oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, didampingi Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, serta ketua jurusan, ketua Prodi  diruang kerja rektor untuk ramah tamah. Kemudian para asesor dibawa kefakultas dan Prodi untuk dimulai proses visitasi.

Proses visitasi Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Ilmu Keolahragaan dan Prodi Pendidikan Antropologitelah melalui beberapa tahap, diantaranya pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, pengiriman borang dan evaluasi diri ke BAN-PT Jakarta, dan visitasi langsung oleh tim asesor BAN-PT. Pelaksanaan visitasi ini awali oleh pembukaan tim asesor BAN-PT dihadapan pimpinan fakultas dan fungsionaris jurusan yakni ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua prodi dan semua dosen yang dilaksanakan sesuai jadwal di atas. Selanjutnya masing-masing dekan didampingi wakil dekan memaparkan borang dan evaluasi diri fakultas dan dilanjutkan paparan ketua Jurusan dan ketua Prodi terhadap borang dan evaluasi diri yang telah dikirim ke BAN-PT. Diwaktu yang telah ditentukan Asesor BAN-PT juga melakukan wawancara langsung kepada dosen, pengguna lulusan (stakeholders), alumni dan mahasiswa.

Aspek yang di visit oleh asesor BAN-PT adalah 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Salah seorang dekan yang program studinya di visitasi yakni Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd, mengatakan, kita optimis meraih nilai akreditasi terbaik yakni A untuk tiga Prodi dilingkungan Unimed yakni Prodi Ilmu Keolahragaan, Prodi Pendidikan Matematika, dan Prodi Pendidikan Antropologi yang telah di visitasi oleh asesor BAN-PT. Optimisme tersebut tentu sangat berdasar karena dari semua indikator kita telah penuhi dengan baik. Kualifikasi dosennya sudah 60 % bergelar doktor, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dosen juga sangat baik, prestasi dan kegiatan mahasiswa kita unggul, lulusan kita diserap diberbagai lapangan kerja, dan prestasi yang lainnya. Maka kita sangat optimis akan meraih akreditasi ‘A”. Nilai ini sangat kita harapkan untuk terus mamajukan ketiga prodi dalam berkiprah ditingkat nasional dan internasional, serta untuk memenangkan berbagai hibah nasional dan meraih prestasi yang membanggakan civitas.

Salah seorang Ketua Jurusan Ilmu Keolahragaan Fajar Apollo Sinaga, S.Si. M.Si. Apt, juga berujar ; setelah proses visitasi ini selesai, kita semua tim merasa lega dan senang karena kita merasa telah maksimal dan tidak ada kendala melayani tim asesor BAN-PT selama visitas tiga hari. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Dekan dan para wakil dekan, kabag TU dan seluruh pegawai, para dosen, stakeholder, alumni dan mahasiswa yang telah sangat membantu dalam pelaksanaan visitasi ketiga prodi. Kita semua tim taskforce sangat optimis akan meraih nilai akreditasi maksimal yakni ‘A”, karena seluruh indikator telah terpenuhi dengan maksimal. Semoga harapan tersebut akan kita capai dengan keluarnya sertifikat akreditasi dari BAN-PT nantinya. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW