Close

" The Character Building University "

Mahasiswa UNIMED Tembus Finalis Program PMW Tingkat Nasional

13/05/2016

Medan (Unimed) – Satu kabar membanggakan bagi civitas Unimed karena ada kelompok mahasiswawirausaha berhasil tembus sebagai finalis tingkat nasional dalam program mahasiswa wirausaha (PMW). Seleksi ketat akan diikuti oleh mahasiswa Unimed tersebut pada 18 s/d 23 Mei 2016 di Jakarta.

Pembentukan usaha kelompok ini dimulai dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dikelola di Kantor Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unimed. PMW merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di jajaran wakil rektor bidang kemahasiswaan setiap setahun sekali. Kegiatan ini merupakan pembinaan dan pemberian bantuan modal usaha bagi mahasiswa Unimed yang berminat dalam bidang entrepreneur yang diawali dengan proses seleksi. Teras Usaha Mahasiswa merupakan suatu kegiatan yang mengundang entrepreneur yang ada di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang kegiatannya merupakan kerjasama antara pihak perbankan BRI dan media cetak Kompas. Adapun kelompok mahasiswa Unimed yang berhasil menjadi Finalis tingkat Nasional dalam kegiatan ini adalah 1) Endah Subekti (Prodi Tata Busana), 2) Budi Setiawan (Prodi Tata Boga), 3) Legino Alex Sandra (Prodi PPKn), 4) Suci Dwi Asyiah (Prodi Tata Boga)

Seleksi untuk menjadi finalis tingkat nasional sangat berat dan banyak tahapan-tahapan yang harus dilewati oleh peserta.Tahapan pertama dilakukan pada tahun 2015 lalu, Pada tahap itu dari ratusan proposal dari berbagai perguruan tinggi di sumatera utara diseleksi dibarengi dengan menunjukkan produk yang menjadi andalan tiap kelompok dan akhirnya terseleksi menjadi 9 kelompok peserta, dimana pada tahapan ini terdapat 4 proposal dari Unimed lolos seleksi untuk selanjutnya diseleksi menjadi 3 besar tingkat yang akan mewakili Provinsi Sumatera Utara. Tahapan selanjutnya dilakukan kembali seleksi dan akhirnya salah satu utusan dari Unimed dengan Judul “Moomy Kara” berhasil menjadi satu-satunya utusan yang mewakili SUMUT untuk mengikuti Lomba Teras Usaha Mahasiswa Tingkat Nasional yang akan diikuti oleh 9 Finalis yang telah berhasil lolos seleksi dari masing-masing wilayah. Ke-sembilan finalis ini nantinya akan diseleksi kembali menjadi 3 National Champion di Jakarta dan masing-masing pemenang nantinya berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 50.000.000,-.

Adapun 9 Finalis tingkat nasional tersebut yang ikut serta dalam lomba adalah : 1) Mahasiswa UNHAS dengan judul usaha “Kafe Paccoo” mewakili dari Propinsi Sulawesi Selatan. 2) Mahasiswa UMI Makasar dengan judul usaha “Mall Sampah” mewakili Propinsi Sulawesi Selatan. 3) Mahasiswa UDAYANA dengan judul usaha “Sintask” mewakili Propinsi Bali. 4) Mahasiswa UNIKOM dengan judul usaha “Tempong” mewakili Propinsi Jawa Barat. 5) Mahasiswa Univ. Prasetiya Mulya dengan judul usaha “Copycino” mewakili Propinsi DKI Jakarta. 6) Mahasiswa Univ. Bina Nusantara dengan judul usaha “Ekabi” mewakili Propinsi DKI Jakarta. 7) Mahasiswa Unimed dengan judul usaha “Moomy Kara” mewakili Propinsi Sumatera Utara. 8) Mahasiswa UGM dengan judul usaha “Interasa Nusantara” mewakili Propinsi DI Yogyakarta. 9) Mahasiswa UGM dengan judul usaha “Majapahit Elektronik” mewakili Propinsi DI Yogyakarta.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam arahannya pada pelepasan mahasiswa berangkat ke Jakarta untuk mengikuti seleksi akhir nasional pada program PMW yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Kita civitas mengucapkan selamat dan semoga berhasil menjadi peserta terbaik dalam program PMW ini. Kami sangat apresiatif atas keberhasilan tembus sebagai finalis. Tumbuhkan dalam diri suatu keyakinan bahwa kami bisa menjadi yang terbaik, semangat tersebut akan menjadi spirit diri saudara untuk berupaya secara maksimal menjadi yang terbaik dalam PMW ini. Kami semua civitas mendoakan agar saudara berhasil mengukir pestasi yang membanggakan nantinya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, didampingi Ketua PMW Unimed Pardomuan N.J.M. Sinambela, M.Pd dan sekretaris Dr. Rahmatsyah, M,Si, “jadilah pribadi yang tenang, serius dan penuh kebersamaan dalam mengikuti kompetisi nantinya. Jika ada upaya dengan serius dan sungguh-sungguh, pasti ada hasil yang maksimal bisa diukir. Jaga nama baik almamater Unimed tercinta, dan jaga diri baik-baik selama di Jakarta. Semoga berhasil mengukir prestasi yang dapat membanggakan civitas Unimed. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW