Close

" The Character Building University "

HMJ Biologi Gelar LKTI Nasional

28/04/2016

Medan (Unimed) – HMJ Biologi FMIPA Unimed mengelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional dengan mengikutsertakan berbagai universitas se-Indonesia. Kampus yang mengutus peserta untuk mengikuti kegiatan ini yakni ; Universitas Padjajaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Tadulako, Universitas Airlangga, Universitas Bengkulu, Universitas Gajah Mada, dan beberapa kampus swasta di Sumatera Utara.

Masing-masing peserta melakukan paparan hasil karya tulis ilmiah tersebut dilakukan pada 27 April 2016 di Lt.4 Digital Library Unimed. LKTI ini merupakan serangkaian dari acara 2nd Annual Biology Exhibition yang bertemakan pengoptimalisasian SDA melalui generasi muda dalam mewujudkan Indonesia mandiri. Pembukaan acara ini dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, MS, Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd, Ketua Jurusan Dr. Hasratuddin, M.Pd, Dewan Juri yang diundang dari internal dan kampus mitra, serta para dosen dan ratusan mahasiswa FMIPA Unimed.

lkti-biologi

Prof. Dr Syawal Gultom, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa kebiasaan menulis di Indonesia sangat kurang, literasi pun tertinggal dari negara-negara tetangga. Membuka wawasan bangsa itu mulai dari menulis, sebab menulis itu budaya tertinggi, setelah itu baru budaya membaca dan budaya mendengar. Jadi ukuran kemajuan suatu negara dilihat dari karya tulisnya, karena didalamnya menunjukkan suatu budaya dan kemajuan suatu bangsa. Berpihak pada kesejahteraan masyarakat dan konteks kekinian masyarakatnya. Oleh karena itu, beliau menghimbau agar generasi saat ini dapat menumbuhkembangkan semangat menulis dan menelurkan karya-karya ilmiah yang dapat bermanfaat bagi perkembangan dan pembangunan bangsa.

Saya sangat mengapresiasi kegiatan LKTI tingkat Nasional yang digelar HMJ Biologi ini. Jika memungkinkan harus kita agendakan dilaksanakan setiap tahunnya, karena budaya menulis karya tulis ilmiah harus kita galakkan di kampus-kampus. Jika mahasiswa tidak mampu menghasilkan karya tulis ilmiah terhadap permasalahan di masyarakat, maka pemerintah tidak akan terdorong untuk mengambil kebijakan yang bermanfaat baik untuk kemaslahatan masyarakat. Semoga kegiatan LKTI ini dapat memotivasi para mahasiswa terutama mahasiswa Unimed dalam menuangkan ide-ide produktif dan konstruktif, sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah dan mampu bersaing dalam hibah-hibah mahasiswa tingkat nasional. Saya berharap mahasiswa Unimed bisa terdorong untuk menghasilkan hasil karya ilmiah dan mengikuti berbagai event yang ada untuk menambah wawasan dan pengalaman. Kita harus berupaya agar mahasiswa Unimed bisa memenangkan PIMNAS pada tahun yang akan datang. (Humas Unimed).

Ketua Jurusan Biologi Dr. Hasratuddin, M.Pd. dalam sambutanya mengatakan agar kegiatan LKTI tingkat nasional yang dilaksanakan oleh HMJ dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam melatih diri dalam membudayakan menulis karya tulis ilmiah di aktivitas akademik dikampus ini. Jika mahasiswa tidak memiliki niat dan minat untuk mengembangkan ide cemerlangnya dalam karya tulis, maka akan mati ide-ide yang seharusnya dapat dikembangkan. Even ini juga menjadi ajang mahasiswa agar dirinya tertempa untuk bersaing, sehingga akan terpacu menghasilkan karya yang inovatif berdaya saing. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW