Close

" The Character Building University "

LPM UNIMED Gelar BIMTEK Tingkatkan Dosen Mengabdi

26/04/2016

Medan – Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis  (BIMTEK) Penyusunan Proposal Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) sebagai upaya meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun proposal PPM. Kegiatan yang digelar pada jumat, 22 april 2016 di Ruang Home Theater Lantai V (lima) Digital Library Unimed ini bertujuan meningkatkan kapabilitas para dosen di lingkungan Unimed dan meningkatkan peran Unimed sebagai kontributor utama dalam program PPM di tingkat nasional.

Hadir pada acara tersebut Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Abdul Hamid K., MPd., Ketua LPM, Dr. Kustoro Budiarta, ME., Sekretaris LPM, Mukti Hamjah Hrp., S.Si., MSi. dan seluruh Koordinator serta staf ahli LPM Unimed. Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik Unimed menggarisbawahi kotribusi aktual dari kegiatan PPM bagi peningkatan kesejahteraan hidup dan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan. Peran perguruan tinggi dalam pengabdian masyarakat menjadi tanggungjawab kita dalam membantu masyarakat mewujudkan hidup sejahtera. Oleh karena itu, saya berharap agar LPM Unimed menjadi garda terdepan dalam mendorong para dosen-dosen Unimed untuk lebih aktif melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, baik yang didanai oleh pusat, internal, maupun mandiri. Kita civitas harus berbangga, karena tahun lalu kita Unimed menjadi perguruan tinggi terbanyak diluar Jawa yang memperoleh dana hibah nasional pengabdian masyarakat. Semoga tahun ini dan juga akan datang kita terus meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat, terkhusus bagaimana Unimed ini dapat bermanfaat baik bagi masyarakat sekitaran kampus kita.

Lanjut Prof. Hamid, kita pimpinan sangat memberikan dukungan dan apresiasi yang tinggi kepada dosen yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan diwujudkan dalam kegiatan nyata, baik melalui kegiatan pengabdian yang didanai atau secara mandiri aktif dimasyarakat dalam berperan membimbing dan melatih masyarakat menuju hidup sejahtera dan nyaman.

Kegiatan BIMTEK ini menghadirkan Dra. Suparni Setyowati Rahayu, MSi. sebagai nara sumber utama guna mendukung visi dan misi Unimed sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya melalui PPM. Sebagai salah satu anggota dari tim penyusun naskah Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Edisi X tahun 2016 dan salah satu reviewer proposal PPM tingkat nasional; Dra. Suparni Setyowati Rahayu, MSi. turut memberikan pencerahan tentang tips dan trik yang harus ditonjolkan dalam proposal yang diusulkan agar memenuhi kriteria untuk didanai dalam berbagai skema yang ditawarkan oleh Direktort Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristek-Dikti.

Acara yang dipandu oleh Dr. Diky Setiadiningrat, MSi. dengan moderator sesi pemaparan materi dari nara sumber dan coaching clinic oleh Andri Zainal, PhD., Ak., CA. berjalan sukses. Para peserta yang berjumlah 136 dosen di 7 (tujuh) Fakultas yang ada di UNIMED sangat antusias dengan pemaparan materi yang disampaikan dan konsultansi dalam coaching clinic untuk perbaikan lebih lanjut didalam usulan proposal yang akan diajukan untuk pendanaan 2017 oleh DRPM Kemenristek-Dikti.

Selaras dengan pernyataan Ketua LPM Unimed, Dr. Kustoro Budiarta, ME., pelaksanaan BIMTEK ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para dosen sebagai Profesional Pengabdi Kepada Masyarakat (PRODIKEMAS) calon pengusul kegiatan PPM sesuai dengan panduan terbaru naskah Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Edisi X tahun 2016. Dengan demikian, usulan-usulan proposal PPM dengan berbagai skema yang ditawarkan dalam Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Edisi X tahun 2016 akan mampu menghasilkan PPM yang benar-benar dapat menjadi problem solving di masyarakat secara nyata dan berkesinambungan. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW