Close

" The Character Building University "

Biologi FMIPA UNIMED Gelar Annual Biology Exhibition

26/04/2016

Medan (Unimed) – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi menggelar acara tahunan dibidang Biologi, yakni 2nd Annual Biology Exhibition mengangkat tema Meningkatkan Kualitas dan Kreatifitas dalam Mewujudkan Indonesia Mandiri Melalui Penelitian dan Pendidikan. Acara yang sangat meriah ini digelar pada 26-28 April 2016 di Gedung Serbaguna Unimed.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan antara lain; a) Olimpiade Biologi yang diikuti hampir 2000 peserta dari SMA sederajat sejumlah 1300 dan SMP sederajat 600 yang berasal dari berbagai wilayah kab/kota di Sumatera Utara, b) Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta se-Indonesia, c) Seminar Konsultasi yang diikuti oleh mahasiswa biologi Unimed  sekitar 880 peserta, d) Lomba menulis cerpen dan fotografi nasional yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta, e) Lomba Prakarya yang diikuti oleh 45 peserta dari mahasiswa Unimed.

Biologi

Turut hadir dalam acara pembukaan yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd, Wakil Dekan 3 Drs. Muhamma Yusuf, M.Si. Dosendosen Jurusan Biologi FMIPA, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, Ketua Laboratorium, dan dewan guru dari SMP dan SMA se-Sumut.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd memberikan apresiasi dan bangga kepada HMJ Biologi bisa mengorganisir acara dengan baik dan semeriah ini. Acara yang terdiri dari olimpade, LKTI nasional, konservasi, dan lomba-lomba lainnya diselenggarakan secara nasional. Ini sangat membanggakan Unimed, dapat menghadirkan ribuan orang ke kampus hijau dengan berbagai kompetisinya.

Beliau juga berharap dengan adanya olimpiade ini, mahasiswa-mahasiswi, siswa-siswi SMP dan SMA sederajat dapat menunjukkan kualitas dan kreativitas di bidang Biologi, karena persoalan kekinian Indonesia ilmu pengetahuan yang kita pelajari itu belum bisa menghasilkan produk-produk yang berupa teknologi, seperti kenderaan dan alat komunikasi. Ada permasalah yang timbul mengapa kita masih saja belum bisa produktif dikarenakan pengetahuan yang dipelajari tidak sertamerta direalisasikan sebagai produk. Kurangnya kreatifitas berpengaruh pada produktiftas bangsa ini. Dengan adanya berbagai kompetisi diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan produktifitas anak bangsa. Dimulai dari sekolah hingga perguruan tinggi.

Biology-Exhibition-2

Beliau juga mempercayakan kegiatan ini kepada HMJ Biologi Unimed, karena akreditas A yang baru saja disandang oleh jurusan Biologi. Selanjutnya Biologi juga meraih 2 Program Hibah Bina Desa (PHDD) dari Dikti. Kedepan HMJ Biologi dapat melaksanakan olimpiade pada tingkat internasional. Jika ada kemauan dan kerja keras, serta bersama-sama, pasti dapat kita wujudkan mimpi-mimpi tersebut. Selamat dan sukses untuk panitia dan para dosen yang telah berhasil membimbing dan mengarahkan HMJ Biologi ini untuk terus berkreasi yang positif. Semoga kegiatan ini akan menginspirasi banyak orang untuk menuju kemajuan bersama. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW