Close

" The Character Building University "

PJK Gelar Seminar Nasional “Guru Inspiratif & Berkarakter”

18/04/2016

Medan – PJK Unimed bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara menggelar Seminar Pendidikan Nasional dengan thema “Membangun Pelaku Pendidikan yang Inspiratif dan Berkarakter”. Seminar Nasional yang digelar pada Sabtu, 16 April 2016 di Aula Digital Library Unimed ini mengundang Tokoh Pendidik Nasional yakni narasumber tunggal ; Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. Hadir juga Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Ketua PJK Unimed Drs. Herkules Abdullah, M.Si, Ketua PWPM SUMUT M. Basir Hasibuan, M.Pd, dan ratusan peserta dari berbagai latarbelakang.

Ketua Panitia Amrizal, S.Si., M.Pd mengatakan bahwa acara seminar ini merupakan kerjasama antara Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumut dengan PJK Unimed dan PT. Erlangga. Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan semua pihak, sehingga seminar ini berjalan dengan aman dan sukses. Adapun  Peserta seminar ini adalah Mahasiswa Unimed dan Mahasiswa Se Sumatera Utara, Guru, dosen dan umum. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini ± 500 orang. Kita bersyukur dalam menghadirkan tokoh pendidik nasional sebagai narasumber tunggal yakni ; Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan Pendidikan merupakan sebuah proses penting dalam kehidupan manusia, karena melalui proses ini manusia dibentuk dan dilahirkan sebagai seorang manusia yang utuh dan sebenarnya. pendidikan semestinya bertanggungjawab terhadap proses pencerdasan bangsa dan berimplikasi kuat pada proses empowerment (pemberdayaan). Hal ini perlu ditegaskan kembali, karena tingkat mendidikan yang meningkat ternyata tidak selalu inheren dengan tingkat pemberdayaan, dan karenanya tidak inheren pula dengan tingkat kemandirian. Sebaliknya, kadang-kadang meningginya tingkat pendidikan malah berimplikasi pada makin meningkatnya ketergantungan kepada pihak-pihak lain. Dalam upaya mencerdaskan bangsa pendidikan seharusnya dipandang sebagai alat perjuangan pencerahan manusia. Sebagai alat perjuangan pencerahan manusia maka minimal ada tiga aspek yang harus ada dalam sebuah proses pendidikan. Pertama, Aspek iman, yang berorientasi pada proses pembentukan keyakinan manusia akan penciptanya (spiritualitas). Kedua, Aspek kognisi, yang berorientasi pada perubahan pola pikir (intelektualitas). Ketiga, Aspek affeksi, yang berorientasi pada perubahan sikap mental dan perilaku (mentalitas).

Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd dalam seminar mengatakan Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaanpengendalian diri, kepribadiankecerdasanakhlak muliaserta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan yang sukses adalah pendidikan yang mampu mengantarkan pelajar menjadi: Bertaqwa, Berkepribadian matang, Berilmu mutakhir dan berprestasi, Mempunyai rasa kebangsaan, dan Berwawasan global.

Ada 21 Karakter yang HARUS ditanamkan seorang guru agar bisa menjadi guru yang inspiratif yaitu : Yakin akan kehadiran Allah SWT, semangat kerja keras, berpikir luas dan terbuka, berusaha untuk sanggup bekerja dan bertanggung jawab, hangat optimis dan bersyukur, bersih, tertib dan rapi, berani untuk yang benar, bersedia memberi dan meminta maaf, toleran kepada kekurangan, penolong, kreatif, imaginatif keluar dari kebiasaan untuk hal yang baik, mandiri yakin akan kekuatan diri tetapi rendah hati, mau belajar dan berpikir ilmiah, ajeg, konsisten memakai nalar, halus perasaan, kasih, cinta dan sayang, hormat, disiplin dan taat azaz, sopan santun, dapat dipercaya (amanah), dapat mengendalikan diri, bersikap adil dan sportif, berikhtiar dan tawakal kepada Allah SWT.

Ketua PW. Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara M. Basir Hasibuan, M.Pd dalam sambutannya mengatakan Seminar ini merupakan program bidang pendidikan PW. Pemuda Muhammadiyah sebagai bentuk partisipasi aktif pemuda Muhammadiyah dalam melakukan pencerdasan terhadap bangsa.

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW