Close

" The Character Building University "

PLS UNIMED Yakin Raih Akreditasi “A” dari BAN-PT

28/03/2016

Medan – Setelah masa akreditasinya berakhir pada 2016, maka Jurusan Pendidikan Luar Sekolah(PLS) Unimed kembali diakreditasi oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) pada kamis-sabtu, 24-26 Maret 2016 untuk periode tahun 2016-2019. Adapun Tim Asesor yang melakukan penilaian dan evaluasi terhadap borang dan evaluasi diri jurusan PLS adalah 1) Prof. Dr. Sunardi, M.Sc  dari Universitas Sebelas Maret, Solo dan 2) Prof. Dr. Mustofa Kamil, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Proses akreditasi Jurusan PLS Unimed melalui beberapa tahap, diantaranya pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, pengiriman borang dan evaluasi diri ke BAN-PT Jakarta, dan penilaian langsung oleh tim asesor BAN-PT. Pelaksanaan penilaian ini awali oleh pembukaan tim asesor BAN-PT dihadapan pimpinan FIP dan fungsionaris jurusan yakni ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua prodi dan semua dosen yang dilaksanakan Sabtu, 26 Maret 2016. Selanjutnya Dekan FIPDr. Nasrun, M.S.didampingi oleh wakil dekan I FIP memaparkan borang dan evaluasi diri fakultas dan dilanjutkan paparan ketua Jurusan PLS dan ketua jurusan PLS terhadap borang dan evaluasi diri yang telah dikirim ke BAN-PT. Selain menganalisis borang dan evaluasi diri, tim asesor BAN-PT juga mengecek semua dokumen terkait, melakukan wawancara langsung kepada dosenmahasiswa, dan alumni PLS.

Ada 7 standart penilaian yang dilakukan oleh asesor BAN-PT yaitu 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) kurikulum pembelajaran/pendidikan 4) SDM dosen, tenaga pendidik, tenaga kependidikan 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) riset penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Prof. Dr. Yusnadi, M.S selaku Wakil Dekan I yang juga guru besar jurusan PLS, mengatakan bahwa jurusan PLS sudah layak untuknaik kelas menjadi akreditasi A. Karena keaktifan dosen dalam membuat riset penelitian, pengabdian masyarakat bersama mahasiswa, dan banyak bekerja sama yang dilakukan oleh jurusan dengan steakholder terkait. Disamping itu juga, banyak alumni PLS yang bekerja diberbagai instansi pemerintahan, tenaga pendidik dan pamong belajar. Sehingga dengan jaringan tersebut, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dapat berjalan dengan baik. Dan ia juga berharap agar nantinya jurusan PLS juga dapat membuka kelas S2 PLS di pascasarjana Unimed.

Dra. Rosdiana, M.Pd ketua Jurusan PLS, mengaku lega setelah proses penilaian assesor telah selesai. Semoga hasil kerja keras kami dapat membuahkan hasil yang maksimal dan kedepan kegiatan-kegiatan kemahasiwaan khususnya dibidang pengabdian masyarakat akan lebih ditingkatkan lagi.

Menurut Prof. Dr. Mustofa Kamil, M.Pd. selaku assesor, jurusan PLS Unimed tahun ini lebih baik dan maju dibandingkan sebelumnya. Jumlah dosen dan mahasiswanya semakin banyak dan meningkat, sarana dan prasarana semakin baik, dan sudah ada laboraturium penelitian mahasiswa seperti desa binaan. Disamping itu, semakin banyak karya kreatifitas dan riset baik dari dosen maupun mahasiswa. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW